Turunkan Angka Stunting Pemkab Pesawaran Gandeng Swasta Bagikan Telur

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Pemerintah Daerah Pesawaran fokuskan penurunan stunting pada beberapa desa di kabupaten setempat dan pencegahan di seluruh wilayah.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni membagian telur bantuan CSR dari PT. Japfa Comfeed untuk balita, ibu hamil dan menyusui.

“Mulai Januari ini sudah mulai didistribusikan, dan hari ini sudah mulai didropping sekitar 30 ribu butir untuk kedua kalinya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pesawaran Harun Tri Djoko, Senin, 27 Januari 2020.

Menurut Harun, telur tersebut didistribusikan untuk anak anak yang menderita stunting atau gizi kurang di 11 kecamatan. Di mana terdapat 10 desa lokus stunting di Pesawaran yang dikatagorikan desa belum mandiri yakni Desa.

Dasa Suka Maju Kecamatan Punduh Pedada, Desa Sukajaya Punduh Kecamatan Marga Punduh; Desa Kertasana Kedondong, Desa Cipadang, Sukadadi Kecamatan Gedongtataan, Way Harong, Kota Dalom Way Lima, Sidumulyo, Roworejo, Sinar Bandung, Tanjung Rejo, Kali Rejo kecamatan Negerikaton dan Desa Tanjung Agung Kecamatan Teluk Pandan.

“Di luar desa itu sejumlah desa di seluruh kecamatan yang ada ibu hamil, menyusui dan balita juga didistribusikan,” kata dia.

Menurutnya selain mendistribusikan telur progran CSR dari PT Jaffa Comfeed, Pemerintah Daerah setempat juga telah melaksanakan program pencegahan stunting sejak masa kehamilan melalui program 1000 hari pertama kehidupan (window oportunity) sudah mulai diperhatikan.

“Pemeriksaan ibu hamil, kegiatan posyandu, pemberian makanan tambahan dan ASI eksklusif secara rutin salah satu upaya pencegahan stunting,” kata dia.

Selain itu, 15 ribu butir telur juga dibagikan untuk 10 desa di Kecamatan Way Khilau yang merupakan CSR dari perusahaan Centra Avian.

“Bantuan telur ini baru kali ini diberikan. Karena pihak perusahaan sudah menyerahkan CSR di lingkungan sekitar perusahaan,” kata dia.

BACA JUGA  Dosen IIB Darmajaya Sampaikan Konsep Digital Payment

Menurut mantan sekretaris BPBD Pesawaran itu, penyerahan telur dihadiri seluruh kepala desa juga disaksikan pihak kecamatan dan perusahaan. Untuk selanjutnya pihak desa akan mendistribusikan kepada masing-masing warga yang ada di desa mereka.

“Mudah-mudahan bantuan CSR tidak hanya kali ini namun berkesinambungan.”

“Bantuan CSR ini merupakan bentuk upaya pemerintah daerah melalui perusahaan yang ada, guna menekan angka stunting di Kabupaeten Pesawaran,” kata dia. (**)

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.