Tak Melulu Jadi Apoteker, Berikut Prospek Kerja Prodi Farmasi

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pendidikan – Meskipun persaingan di pasar kerja semakin ketat di era digital ini, popularitas jurusan farmasi tetap membuat lulusannya ditunggu berbagai perusahaan.

Mungkin hal tersebut terdengar cukup membingungkan. Mengapa alumni jurusan yang berkecimpung di dunia medis ini bisa unggul di pasar kerja?

Menurut Prospects UK, hal tersebut didukung oleh materi ajaran serta skill yang dimiliki lulusan prodi farmasi dinilai cocok untuk kebutuhan beragam institusi di era yang modern.

Farmasi adalah ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan. Mahasiswa yang mengambil jurusan farmasi pastinya akan dipersiapkan untuk menjadi peracik obat yang handal nih. Setelah lulus dari jurusan farmasi, kamu juga bisa melanjutkan pendidikan ke profesi apoteker untuk bisa lanjut bekerja sebagai apoteker.

Sebelum kita membahas lebih detail mengenai prospek kerja farmasi, kita cari tau dulu yuk apa aja sih yang dipelajari di jurusan farmasi nanti di perkuliahan? Pastinya disini kamu akan belajar, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengkombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Tidak hanya meracik, kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaan obat-obatan tersebut secara aman.

Dilansir dari gokampus.com untuk mata kuliah prodi farmasi yang akan kamu pelajari adalah terkait dengan Anatomi Fisiologi Manusia, Farmasi Fisika, Kimia Organik, Botani Farmasi, Farmasetika Dasar, Biokimia, Kimia Sintesis, Kimia Analitik, Teknologi dan Formulasi Sediaan Semisolida dan Likuida serta Biologi Sel dan Molekuler, dan masih banyak lagi bidang lainnya. Nah, sekarang kita bahas 10 prospek kerja farmasi di Indonesia yuk! Simak artikel ini ya.

1. Farmasi Industri

Ilustrasi

Prospek kerja farmasi yang pertama adalah bekerja di bidang farmasi industri. Pekerjaan yang satu ini cukup banyak diincar oleh banyak mahasiswa lulusan farmasi nih. Dimulai dari proses pengabdian di bidang industri,kamu akan ditempatkan pada bagian research and development (R&d) untuk menentukan formula, teknik pembuatan, dan menentukan spesifikasi bahan-bahan baku yang akan digunakan dalam membuat obat.

BACA JUGA  Perjuangan Masyarakat Berhasil PAN Pesawaran Rekom M Nasir - Naldi Rinara

Para pekerja di bidang farmasi industri menerima kisaran gaji mulai dari Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000 perbulannya.

2. Dunia pendidikan

Ilustrasi

Prospek kerja farmasi yang kedua adalah kamu bisa bekerja di dunia pendidikan nih. Khususnya buat kamu yang memiliki minat dalam bidang pendidikan, kamu juga bisa menjadi guru atau dosen yang fokus di mata kuliah jurusan farmasi.

Namun, untuk menjadi seorang dosen, kamu harus menempuh pendidikan minimal S2 di bidang farmasi karena peluang kerjamu sebagai dosen di bidang farmasi sangat dibutuhkan loh. Besaran gaji yang akan kamu terima pada umumnya tergantung dari jam mengajar, namun kira-kira sekitar Rp 4.000.000 perbulan tanpa tunjangan dan lain sebagainya.

3. Lembaga Pemerintah

Prospek kerja farmasi berikutnya adalah kamu bisa bekerja di lembaga pemerintahan. Sebagai mahasiswa lulusan farmasi, tentunya untuk bisa bekerja di lembaga resmi pemerintahan khususnya yang mengurus pelegalan obat dan makanan disebut dengan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) adalah hal yang kece banget guys.

Kamu akan bersaing dengan banyak pelajar lainnya di seluruh Indonesia. Buat kamu yang ingin bekerja di BPOM, kisaran gaji yang akan kamu dapatkan adalah Rp 2.500.000 hingga Rp 16.500.000 per bulannya tergantung dengan jabatan yang kamu miliki.

4. Pengusaha

Prospek kerja farmasi yang selanjutnya adalah menjadi seorang pengusaha. Siapa bilang mahasiswa lulusan farmasi gak bisa jadi pengusaha? Kamu punya banyak kesempatan loh untuk bisa membuka usaha apotek sekaligus menjadi apoteker di tempat kamu sendiri.

Untuk membuka sebuah apotek, ada beberapa syarat khusus yang dibutuhkan loh misalnya seperti surat permohonan izin usaha apotek, surat penugasan, surat sumpah apoteker, surat izin farmasi, hingga surat notaris dan lain-lainnya. Seru banget kan? Ini bisa jadi kesempatanmu membuka usaha bisnis guys.

BACA JUGA  Mengenal TOEFL

5. Peneliti Farmasi

Menjadi seorang peneliti farmasi merupakan salah satu bagian dari prospek kerja farmasi di Indonesia nih. Kalau kamu menjadi peneliti farmasi, penelitian yang bisa kamu lakukan adalah misalnya melakukan penelitian terhadap potensi tanaman obat yang hingga kini masih melimpah di Indonesia.

Kamu juga bisa bekerja di bidang penelitian pemerintah seperti di LIPI. kisaran pendapatan yang akan kamu dapatkan sebagai seorang peneliti di bidang farmasi yaitu sekitar Rp. 6.000.000.

6. Bekerja di sektor swasta

Prospek kerja farmasi selanjutnya adalah kamu bisa bekerja di sektor swasta. Ada berbagai perusahaan swasta yang bisa bergerak di bidang farmasi tentunya dengan bekal ilmu dan latar belakang pendidikan yang kamu miliki nanti.

Kamu bisa bergabung di berbagai divisi yang memang cocok dengan skill dan kemampuanmu ya. Untuk penghasilan yang bisa didapat oleh lulusan farmasi yang bekerja di sektor swasta dimulai dari Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000 per bulannya.

7. Rumah sakit, apotek, dan laboratorium klinik

Ilustrasi

Peluang atau prospek kerja farmasi berikutnya adalah bekerja di fasilitas kesehatan. Bidang utama yang memberikan kesempatan besar bagi lulusan farmasi ada pada bidang layanan kesehatan misalnya rumah sakit, apotek dan juga laboratorium klinik.

Untuk menjadi seorang apoteker profesional lulusan farmasi wajib mengambil pendidikan profesi apoteker selama 2 semester dengan jangka waktu 1 tahun.

Sertifikat yang sudah dimiliki dapat dijadikan bekal untuk menjadi apoteker yang kemudian bisa mendirikan apotek sendiri. Rata-rata gaji yang diterima oleh apoteker yaitu sekitar Rp3.500.000 per bulan.

8. Farmasi Komunitas

Prospek kerja farmasi berikutnya adalah sebagai farmasi komunitas. Yang dimaksud dengan farmasi komunitas yaitu farmasi yang memberikan pelayanan di sarana kesehatan terdekat dengan komunitas masyarakat, seperti apotek, klinik, dan puskesmas. Kamu bertugas memberikan pelayanan yang berkaitan dengan obat-obatan dalam komunitas masyarakat tertentu.

BACA JUGA  Apakah Bekerja dari Rumah Lebih Membahagiakan dan Produktif?

Kamu akan bekerja di fasilitas pelayanan publik terdekat yang bisa diakses oleh komunitas tersebut. Untuk gaji, Kamu bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp2.500.000 per bulannya.

9. Bagian Administrasi Pelayanan Obat

Prospek kerja farmasi selanjutnya adalah kamu bisa bekerja sebagai bagian administrasi pelayanan obat di instansi pemerintah. Sebagai mahasiswa lulusan farmasi pastinya kamu gak hanya berurusan sama obat-obatan aja nih guys. Tapi, kamu juga akan mengurus semua hal tentang makanan, minuman, hingga kosmetik. Misalnya beberapa makanan yang ternyata mengandung bahan kimia dan zat terlarang lain yang bisa diketahui oleh ahlinya saja.

10. Penyuluh Kesehatan

Prospek kerja farmasi selanjutnya adalah menjadi penyuluh kesehatan. Sebagai mahasiswa lulusan farmasi, kamu bisa menyediakan dan mengelola program pendidikan kesehatan yang membantu individu, keluarga, dan komunitas dalam memaksimalkan dan mempertahankan gaya hidup sehat.

Kamu juga akan diminta untuk mengumpulkan dan menganalisis data untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat sebelum melakukan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi program yang dirancang untuk mendorong gaya hidup sehat, kebijakan, dan lingkungan.

Dapat berfungsi sebagai sumber daya untuk membantu individu, pekerja kesehatan lainnya, atau masyarakat, dan dapat mengelola sumber daya fiskal untuk program pendidikan kesehatan. DI Indonesia, penyuluh kesehatan masyarakat untuk pemerintah merupakan pegawai negeri sipil yang berada di bawah Kementerian Kesehatan.

Buat kamu yang tertarik untuk daftar kuliah prodi farmasi, kamu bisa loh mengunjungi link disini untuk informasi penerimaan mahasiswa baru jalur umum dan konversi/pindahan. Jangan Kamu Lewatkan Kesempatan ini!, Yuk langsung aja gabung di kampus terbesar dilampung Universitas Malahayati.

Contoh landing page kampus untuk pendaftaran mahasiswa baru

Universitas Malahayati adalah salah satu Perguruan Tinggi Terbaik di Lampung. Jadi tunggu apa lagi, daftarkan diri kamu segera untuk menjadi bagian Keluarga Besar Universitas Malahayati.

Share.

About Author

Comments are closed.