Siswa Menengah Pertama Di Pesawaran Uji Kemampuan Pidato Bahasa Lampung

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Puluhan siswa menengah pertama berpakaian adat se Kabupaten Pesawaran menguji keterampilan bahasa daerah dalam lomba pidato yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten setempat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesawaran Halimah Zakaria, Selasa, 23 Agustus 2022.

“Sekitar 30 peserta dari perwakilan SMP se Kabupaten Pesawaran menguji kemampuan dan mental mereka dalam lomba pidato yang disampaikan dalam bahasa daerah (Lampung), ” Kata dia diwakili sekretaris Perpustakan dan Kearsipan Kabupaten Pesawaran Darwin Fernandes.

Menurut Darwin, dalam lomba pidato itu, peserta diberi kebebasan untuk memilih salah satu tema pidato bahasa Lampung. Selain itu, peserta diharapkan agar membawakan pidato dengan memperhatikan komponen penilaian.

“Dewan juri akan menilai peserta dari penampilan, teknik pidato, pengucapan, pengusaan materi, ketepatan waktu pidato, pengusaan panggung, dan kerapihan,” Kata dia.

Dikatakan dia, para peserta diberikan waktu 10 menit dalam menyampaikan pidatonya. “Tema pidatonya bebas namun yang berkaitan dengan Pesawan dan disampaikan dengan bahasa Lampung,” Kata dia.

Mantan Kabag Kerjasama sekretarian Pemkab Pesawaran itu menegaskan, bahwa peserta lomba pidato akan dinilai juri dengan beberapa komponen utama yakni, penampilan, teknik atau cara menyampaikan pidato, pengusaan materi serta kemampuan dengan rentang penilaian 85-94 dikategorikan sangat baik, 75-84 masuk dalam kategori baik, 65-75 kategori cukup dan skor 64 ke bawah tidak memenuhi standar.

“Nantinya, keputusan juri tidak boleh diganggu gugat dan peserta yang melaju ke final akan dihubungi panitia untuk datang kembali besok (24 Agustus), guna menerima penghargaan yang rencananya akan disampaikan langsung oleh Bunda Literasi Kabupaten Pesawaran Nanda Indira,” Kata dia. (**)

Bambang T

BACA JUGA  Mundur Pencalonan Eriawan Ajak Seluruh Kader Menangkan M Nasir
Share.

About Author

Comments are closed.