Sejarah Panjang Batik Mampu Jadi Identitas dan Pemersatu Bangsa

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com – Sejak Kerajaan Mataram kuno, batik sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat khususnya Jawa. Batik terus berkembang hingga masa kolonial.

“Hari Batik Nasional diperingati setiap 2 Oktober. Usai ditetapkan UNESCO 2 Oktober 2009 sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity), ” ujar Triana Wulandari, direktur Sejarah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta.

Bahkan, kata Triana, batik sudah dikenal oleh bangsa-bangsa lain di dunia sejak lama, misanya di Belanda, Prancis dan India. Mereka telah mengagumi akan segala keunikan batik.

“Ternyata sejarah telah mencatat bahwa sejak abad 18 sudah digelar pameran-pameran batik di berbagai negara lain di dunia,” kata Triana dalam rilisnya.

Ilustrasi | unsplash

Saat ini, batik semakin eksis dan diterima dengan baik oleh warga dunia baik corak maupun fungsinya. Ketika R. Tagore berkunjung ke Jawa pada 1927, dia sangat kagum dengan proses pembuatan batik.

“Kekaguman R. Tagore diwujudkan dengan mengirim pelajar India untuk belajar membatik. Kemarin, ketika digelar seminar ternyata pelajar santiniketan India banyak yang pandai membatik hanya motif berbeda di kain sari-nya India,” ucapnya.

Selain itu, batik telah menjadi identitas bangsa yang wajib dilestarikan dan dijaga oleh seluruh generasi muda. Salah satunya, dengan terus memahami sejarah batik.

“Dengan memahami sejarah batik, generasi muda akan berekspresi melalui berbagai karya yang bisa membanggakan dan mengharumkan bangsa,” tandasnya.

Rentang sejarah panjang batik sudah identik dengan Indonesia. Sehingga, batik tidak sekedar seni melainkan juga berfungsi sebagai pengikat, pemersatu, serta menjadi jati diri bangsa.

Mencintai batik harus dibarengi upaya melestarikan warisan bangsa yang sangat berharga tersebut. Maka, perlu mengerti segala hal terkait batik, baik asal usul, teknik pembuatan, motif, serta maknanya.

BACA JUGA  Peran Web Designer pada Divisi Pemasaran vs Divisi Produk: Mana yang Lebih Penting?

“Sudah sepatutnya generasi milenial paham sejarah batik dan bangga mengenakannya sebagai identitas bangsa. Sebab, sejarah membuktikan batik menjadi media diplomasi budaya bangsa di mata dunia,” tandasnya. (**)

Share.

About Author

Comments are closed.