Sebelum Lihat Hasil SBMPTN, 5 Hal Ini Harus Kamu Persiapkan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pendidikan – Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 akan diumumkan satu hari lagi, tepatnya pada Senin 14 Juni 2021 Pukul 15.00 WIB. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pengumuman SBMPTN 2021 dapat diakses hanya melalui laman ltmpt.ac.id atau media sosial @LTMPTOfficial serta halaman miror perguruan tinggi negeri yang bekerja sama.

Ini nih 5 hal yang harus kamu persiapkan sebelum lihat hasil SBMPTN 2021 seperti dilansir idntimes.com.

1. Berdoa kepada Tuhan

Unsplash/benwhitephotography

Poin ini menjadi poin yang sangat penting. Sebelum kamu lihat hasilnya, lebih baik kamu berdoa terlebih dahulu kepada Tuhan. Kamu bisa berdoa, tapi jangan memaksa.

Tuhanmu tahu apa yang terbaik untuk kamu. Kalau kamu lulus itu merupakan hal yang patut dan harus kamu syukuri. Tapi kalau pun kamu gagal, berarti Tuhan punya rencana lain yang terbaik untukmu.

Tuhan tidak akan selalu memberikan apa yang kamu inginkan, tapi Tuhan akan memberikan apa yang kamu butuhkan.

2. Minta doa restu orangtua

Minta doa restu orangtua juga gak kalah penting. Sebelum kamu lihat hasilnya, lebih baik kamu sempatkan diri dulu untuk mengobrol dengan kedua orangtuamu.

Mintalah restu kepada orangtuamu untuk mendoakan agar hasil dari SBMPTN nanti sesuai dengan keinginanmu. Selain itu, diskusikan juga tentang keluh kesahmu saat akan melihat hasilnya nanti, mulai dari kekhawatiran dan rasa takutmu saat gagal nanti.

Dengan kamu bercerita kepada orangtuamu, mereka akan paham apa yang kamu rasakan. Hal itu dapat mengurangi rasa bebanmu.

Jadi kamu bisa melihat hasilnya dengan tenang tanpa beban yang akan kamu hadapi.

3. Pastikan kamu punya rencana lain

Ilustrasi. Foto by vadymvdrobot

SBMPTN bukan satu-satunya hal yang akan menentukan masa depanmu. Kalau pun kamu gagal, pastikan kamu telah mempunyai rencana lain. Seperti gap year untuk melakukan hal-hal positif seperti belajar alat musik, menekuni hobi ataupun berbisnis.

BACA JUGA  6 Hal yang Kamu Pelajari Jika Mengambil Program Studi Kebidanan

Namun, apabila belum diterima di PTN, alternatif memilih kampus swasta atau perguruan tinggi swasta (PTS) bukan langkah yang perlu disesali. Sebab, banyak juga kampus-kampus swasta di Indonesia yang berkualitas.

Menentukan pilihan tempat kuliah sama halnya dengan menentukan masa depan kamu, jadi gak boleh asal apalagi ikut-ikutan.

Buat Kamu yang masih pada bingung mau kuliah dimana, kamu bisa gabung di kampus terbesar di Lampung yaitu Universitas Malahayati. Dengan luas sekitar 84 hektar, Fasilitas penunjang akademik dan non akademik yang terintegritas tentunya Kampus Malahayati menjadi pilihan tepat untuk mahasiswa menimba ilmu. Klik disini untuk informasi pendaftaran mahasiswa baru 2021/2022 via online. Kamu juga dapat melakukan pendaftaran untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru bersama (SPMBB) di 5 Perguruan Tinggi, jangan kamu lewatkan kesempatan ini,

4. Kalau kamu lulus SBMPTN, jangan sombong dan pamer

Disaat kamu merasa senang dan bangga telah lulus SBMPTN, pastinya ada beberapa dari kamu yang punya keinginan untuk memamerkannya di media sosial. Tapi itu bukanlah hal yang baik.

Meskipun akan ada banyak orang yang terinspirasi dengan lulusnya kamu dalam SBMPTN. Namun kamu juga harus tahu ada banyak dari para peserta SBMPTN lainnya yang kecewa. Tak sedikit pula yang merasa bahwa mereka telah mengerjakan ujiannya dengan maksimal namun kecewa karena mendapatkan hasil yang tak diinginkan.

Setelah mendapatkan hasil SBMPTN, orang pertama yang harus kamu beri tahu adalah orangtuamu. Karena merekalah yang selalu mendukungmu.

5. Perjalanan masih panjang. Kalau pun kamu gagal, jangan sampai kamu putus asa

Ilustrasi

Saat kamu mendapatkan hasil yang mengecewakan, kamu pastinya akan sedih dan mungkin menangis. Hal itu wajar dan manusiawi, tapi jangan sampai kamu putus asa.

BACA JUGA  Warga Tanggamus Alami Luka Tusuk Saat Nonton Pilkades Serentak Di Pesawaran

Toh, dengan gagalnya di SBMPTN, bukan berarti hidupmu akan berakhir. Perjalananmu masih panjang, jangan sampai kamu melakukan hal-hal negatif karena kecewa dengan hasilnya.

Beritahu hasilnya kepada orangtuamu, apa pun itu! Kalau kamu mendapatkan hasil yang tak diinginkan, mereka akan mampu membuatmu tenang.

Nah, itu dia 5 hal yang bisa kamu persiapkan untuk melihat hasil SBMPTN nanti. Apapun hasilnya kamu tetap harus bersyukur, setidaknya kamu punya pengalaman bisa mengikuti tes SBMPTN.

Share.

About Author

Comments are closed.