Sayangi Ibu Sebelum Terlambat

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, PesawaranKajian Ahad Berkah

Kado istimewa bagi yang menyayangi ibunda
_____________________________

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله الصلاة والسلام على رسول لله اما بعد

Pembaca yang dirahmati Allah SWT

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abu Hurairah Ra , dikisahkan suatu ketika Nabi Saw di tanya oleh seorang laki-laki  : ” Wahai Rasulullah , siapa manusia yang paling berhak untuk aku mengabdi ?” Nabi Saw menjawab “ibumu”. Kemudian siapa lagi ya Rasulullah ? ” Tanya laki laki itu. Nabi Saw menjawab : “ibumu”. Siapa lagi ya Rasulullah ? ” Tanya laki-laki itu kembali . Rasulullah menjawab :”ibumu” laki laki itupun  bertanya kembali ,kemudian siapa lagi ya Rasulullah ? ”  Rasulullah menjawab ” ayahmu”.

Seorang ibu adalah sosok insan  yang sangat Istimewa dalam kehidupan ini . Dikatakan demikian karena sosok  Ibu memiliki hal yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Sosok ibu istimewa Karena memiliki air
suci untuk anaknya.  Jika seandainya ada malaikat tak bersayap. Maka ia adalah ibu , yang memiliki nurani terdalam untuk anaknya, yang bersabar menghadapi anaknya dan mendidiknya.

Nabi Saw bersabda :

الجنة تحت اقدام الأمهات

“Surga dibawah telapak kaki ibu” (HR.Ibnu ‘Addi dari Annas bin Malik).

Hadits  ini mungkin tidak hiperbolik, namun bermakna bahwa restu ibunda adalah restu Sang Pencipta.

Pembaca yang dirahmati Allah SWT

Sangat banyak dan hampir sempurna. Semua ibu di dunia sangat mencintai dan menyayangi anaknya. Bahkan telah bertaruh nyawa untuk melahirkan anaknya ke dunia fana ini.

Kecuali Adam dan Hawa, maka semua anak di bumi lahir setelah melewati kandungan, selama 9 bulan memperjuangkan anak yang disayangnya.

Sosok ibu disebut sebagai insan yang  istimewa di dalam kehidupan seorang anak. Sosok ibu disebut Insan yang istimewa , setidaknya ada 5 alasan yang tak akan terbantahkan. Adapun kelima hal tersebut adalah :

{1}.Sosok Ibu disebut Insan Istimewa karena Ibu memiliki Air Ketuban

  Air suci ketuban adalah air yang  diproduksi saat 12 hari setelah pembuahan. Air ketuban untuk  melindungi janin dari benturan, serta membantu pertumbuhan organ-organ pada janin. Hasil penelitian di bidang medis, yang jumlahnya hingga  400-1.200 mililiter (mL) pada usia antara 34-38 minggu kehamilan.

BACA JUGA  IIB Darmajaya Terima 105 Mahasiswa Program Permata Sakti Kampus Merdeka

Selama dalam kandungan, Air ketuban memiliki fungsi, melindungi janin dari infeksi, benturan, membantu perkembangan paru-paru, tulang dan organ lainnya.

Air ketuban memberikan ruang gerak bagi janin untuk berputar dan menendang dalam kandungan. Dan pecahnya air ketuban dimulainya perjuangan sang ibu melahirkan bayinya.

{2}.Sosok Ibu disebut Insan Istimewa karena memiliki Air Darah Saat Melahirkan

Air darah saat melahirkan,
jelas air darah ini bukan jenis air yang suci untuk mensucikan. Namun makna air suci adalah pengorbanan seorang saat melahirkan anak.

Air darah keluar dari sang ibu, ketika sang ibu melahirkan bayinya. Terasa berat, sakit, tegang, pertaruhan antara hidup dan mati. Demi sang buah hatinya , sang bayi hadir ke alam dunia.

Organ vital bahkan mengalami ruptur (robekan) demi untuk melahirkan anak, dengan sakit yang tidak duanya.

Ibu mengedan dengan teratur dan kuat, semua adalah jalan yang harus dilaluinya untuk melihat janin dikandungannya lahir menjadi anak bayi.

Air darah telah merobek alat genitalia, namun semua luka dan kelelahannya terbayar dengan kebahagian, senyum dan haru serta airmatanya mengalir.

Ketika melihat anaknya  lahir dan menangis, membuat semuanya tertawa, ayah tertawa, dan keluarga lainnya  tersenyum mendengar suara tangis bayinya.

Dan setelah mekahirkanpun,  masih harus menjalani proses perawatan yang tidak singkat untuk semua kelahiran anaknya. Sebagai kodrati, pengorbanan  untuk melahirkan anaknya .

{3}.Sosok Ibu disebut Insan Mulia karena Ibu memiliki Air Susu

Air susu untuk menyusui anaknya mulai lahir hingga dua tahun. Air ini sebagai sumber nutrisi dan kekebalan tubuh  bagi anaknya. Sekaligus sebagai media perasaan, hati , dan keturunan yang tidak bisa diukur dengan uang ataupun materi.

ASI  merupakan air suci paling higienis dan istimewa.

Dengan ASI (Air Susu Ibu) yang jauh lebih higienis (bersih) dari semua jenis susu yang ada di dunia.

Dalam sebuah penelitian, bahwa ASI adalah nutrisi terbaik untuk mempertahankan tubuh bayi dari serangan kuman. Serta nutrisi terbaik yang ada didunia karena lengkap.

BACA JUGA  Lantik Kepala Desa Bupati Dendi Minta Fokus Majukan Pembangunan

ASI mengandung kalori 67-68 kkal/100 ml yang menjadi sumber energi ideal  bagi pertumbuhan dan lengkap untuk kebutuhan bayi.

Setetes air susu yang yang ditelan oleh seorang anak, tidak akan dapat dibalas oleh apapun oleh anaknya.

Air susu ibu yang masih mengalir dalam darah anaknya, tidak akan mungkin dapat terbalas. Meski anaknya datang dengan mempersembahkan seisi dunia.

{4}. Sosok ibu disebut Insan Istimewa karena Ibu memilki Air  Keringat  Saat Melahirkan  Dan  Membesarkan Anaknya

Air keringat ibu tak terukur berapa banyak keluar dari badanya. Lelah, pikiran, dan tenaga terkuras setiap hari . Hal itu tergambar dari keringat yang mengucur dari dahi, leher, tangan dan anggota tubuh lainnya. Namun ibu seolah tak mengenal lelah.

Peluh ibu tak pernah beku demi anaknya sehat, besar, dan cerdas.

Tanpa jam istirahat, seakan tangisan bayi adalah alarm yang mereka patuhi, untuk bayinya yang lapar atau sedang buar air besar/kecil.

Menyusui setiap waktu, tidak kenal waktu jam berapapun, ketika anak menangis maka ia akan datang memberikan rasa nyaman.

Mengantuk bukan penghalang bagi ia untuk membuat tangisan anak reda.

Pada beberapa kejadian, Seorang ibu ditinggal oleh suami baik cerai maupun ditinggal mati.

Ia tidak akan tinggal diam, ia tidak akan berpangku tangan, ia akan datang memberikan kebutuhan anak.

Masakan terbaik dunia adalah masakan Ibu, dari air suci keringatnya,
termasuk membanting tulang agar anaknya tetap mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Keringat mengucur di tubuhnya tidak akan membuatnya gentar dan semua berganti dengan senyum ketika melihat anaknya melahap makanan yang dipersembahkannya.

{5}.Sosok Ibu disebut Insan yang mulia karena Memiliki  Banyak Air Mata  Untuk Anaknya

Air mata ibu menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan dirinya dalam mengasuh, mendidik, dan membesarkan anaknya.

Ketika bayinya  demam sedikit saja, maka orang  pertama yang  merasa paling cemas dan  mengeluarkan air mata adalah sang ibu.

BACA JUGA  Kementerian PUPR Gandeng PWI Gelar Konsolidasi Regional

Tangisan ibu untuk anaknya , dengan air suci dari air matanya tampak jelas sekali , bahwa ia tidak ikhlas dan tidak berharap anaknya sakit, ia tidak menginginkan anaknya memiliki keluhan. Begitupun ketika anaknya pergi, anaknya bersedih, anaknya bahagia, hingga anaknya harus lepas untuk berkeluarga, punya suami ataupun istri.

Air matanya akan menyertai perjalanan anaknya, meski tidak tega melepasnya. Namun terkadang ia harus mengalah untuk membiarkan anaknya pergi. Ketika anaknya menghilang dari pandangannya, maka ia akan menunduk menangis seraya mendoakan anaknya.

Air matanya selalu dipersembahkan diujung shalatnya, dalam untaian doa untuk keselamatan dan kesejahteraan anaknya di dunia dan di akhirat.

Ibu adalah paling istimewa dari seluruh hal istimewa yang ada di bumi, sebab ada yang diberikan ibu. Dan tidak didapatkan dari manusia manapun.

Begitu istimewa sosok ibu dalam kehidupan, sehingga Allah SWT berpesan di dalam Alquran surat Alisra ayat 23 dan 24 :

(23). ” Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau keduanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu.Maka sekali kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (24).Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang dan berdoalah untuk mereka : “Wahai Tuhanku , kasihilah mereka berdua, sebagaimana mereka berdua telah mencurahkan kasih sayangnya kepadaku sewaktu kecil”.

Kiranya Allah SWT senantiasa mencurahkan kasih sayang dan ampunan-Nya untuk ibu dan bapak kita serta kepada kita. Allah SWT anugrahkan Taufik dan hidayah-Nya sehingga kita dapat menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua kita,aamiin.

Mari kita awali hari ini dengan berbagi kebaikan kepada sesama dengan shear kajian ini kepada yang lainnya. Kiranya dapat menjadi amal shalih dan bermanfaat bagi sesama ,aamiin. 🙏

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Pesawaran, 21 Februari 2021

Aby Sugeng Alfadhillah

Share.

About Author

Comments are closed.