Refocusing Anggaran Dinilai Tak Transparan DPRD Pesawaran Bentuk Pansus?

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Sejumlah fraksi mengajukan untuk membetuk panitia khusus terkait penggunaan anggaran refocusing.

Hal tersebut terungkap dalam rapat paripurna penyampaian LKPj Bupati Kabupaten Pesawaran tahun 2020, 7 April 2021.

“Kami menilai pembahasan LKPj itu kurang (waktu), karena tahun lalu banyak anggaran tersedot (refocusing), yang mana tidak ada transparasi dalam penggunaannya, sehingga perlu ada panitia khusus dalam mengupas berapa saja anggaran yang diambil dari OPD dan untuk apa keperuntukannya,” kata anggota fraksi PAN DPRD Kabupaten Pesawaran Umroni.

Menurut Umroni, fraksi PAN pun meminta kepada anggota komisi untuk menelaah lebih dalam bila mana ditemukan dugaan penyimpangan anggaran Covid-19.

“Jadi pansus ini tidak tiba tiba saja digulirkan. Makanya perlu Pansus untuk menggali lebih dalam penggunaan anggaran, dan dasar refocusing anggaran,” kata dia

Senada dengan Fraksi PAN, Fraksi NasDem dan Fraksi PDIP juga sependapat dengan dibentuknya Pansus Refocusing.

“Ada Dinas yang memiliki anggaran kecil dipotong besar untuk refocusing namun Dinas yang memiliki anggaran besar hanya dipotong kecil,” kata anggota fraksi Nasdem Fahmi.

“Memang benar mereka tidak perlu membahas anggaran untuk refocusing, namun hal tersebut perlu untuk disampaikan atau dilaporkan ke kita keperuntukannya.”

“Terlebih fungsi pengawasan yang dimiliki DPRD harus dijalankan juga agar transparasi anggaran refocusing itu ada.” kata Harno Irawan mewakili fraksi PDIP.

Sementara, ketua DPRD Kabupaten Pesawaran Suprapto menyatakan hal tersebut akan dibahas bersamaan dengan pembahasan LKPj Bupati Pesawaran.

“Sudah sewajarnya refocusing mendapatkan evaluasi,” kata dia. (**)

Bambang T

BACA JUGA  Mantan Danrem Brigjen Amalsyah Tarmizi Kunjungi Makorem 043 Gatam
Share.

About Author

Comments are closed.