Pengertian dan Pemahaman Dasar Content Marketing

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Digital Branding – Content marketing adalah istilah yang sangatlah tidak asing bagi para digital marketer.

Akan tetapi bagi pemula di bidang internet marketing, dibutuhkan pemahaman yang kuat tentang istilah ini. Pemahaman inilah yang akan menjadi modal dasar untuk mulai mempelajari atau menjalankan strategi pemasaran di internet.

Dalam pemasaran tradisional, untuk menjangkau dan mencari kustomer dibutuhkan biaya promosi yang cukup besar. Promosi biasanya dilakukan dengan memasang iklan yang banyak dilihat, door to door dan sebagainya.

Sebaliknya, dengan content marketing diharapkan kustomer lah yang akan mencari Anda.

Pengertian content marketing

Content Marketing adalah strategi pemasaran dimana Kita merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi kustomer (panduanIM).

Content marketing atau pemasaran konten tidak hanya berupa teks atau artikel tapi bisa berupa foto, video, ataupun sekedar update status. Biasanya isinya adalah sesuatu yang bermanfaat, menginspirasi ataupun menghibur.

Pelaku content marketing adalah berbagai profesi di bidang internet marketing seperti blogger, social media marketer, affiliate marketer, content writer, video creator, web designer, graphic designer dan profesi lainnya.

Pemahaman tentang content marketing

Terdapat 2 kesalahpahaman tentang content marketing yang sering terjadi, terutama di Indonesia dan berikut ini adalah koreksinya.

Content marketing bukan hanya tentang pemasaran konten

Content marketing sering sekali hanya dikaitkan hanya dengan promosi konten, padahal tidak hanya itu.

Content marketing juga mencakup proses perencanaan, pembuatan dan analisanya.

Oleh karenanya, biasanya strategi yang digunakan dalam content marketing adalah membuat konten yang bisa memberikan solusi pada permasalahan pada banyak orang.

Semakin banyak yang terbantu oleh isi konten Anda, semakin mudah bagi Anda untuk membangun kepercayaan pada produk Anda.

BACA JUGA  Mengoptimalkan Web dan Pemasaran Online Anda dengan 4 Program Mentoring dari Dkontenstudio

Content marketing bukan berarti konten yang hanya berisi jualan

Sebagian orang berpikir bahwa dengan mempromosikan setiap hari sebuah produk di sosial media adalah cara yang efektif. Tapi, kenyataanya ini berakibat banyak orang yang terganggu dengan promosi Anda. Bahkan bagian terburuknya adalah ketika banyak orang yang memutuskan pertemanan dengan Anda di sosial media.

Berikut adalah tahapan content marketing yang dapat Anda terapkan pada strategi pemasaran Anda

  1. Sediakan konten yang menyelesaikan permasalahan besar dari orang-orang yang menjadi target pasar Anda, tanpa unsur penjualan sama sekali. Tujuannya untuk menarik perhatian mereka dan meningkatkan reputasi Anda di mata mereka.
  2. Berikan konten mengenai permasalahan yang lebih mendalam dan jelaskan bahwa produk/layanan Anda adalah solusi utamanya.
  3. Setelah melakukan 2 tahap di atas, barulah Anda dapat membuat konten yang bisa memancing penjualan.

Jadi tunggu apa lagi, gunakan content marketing untuk menunjang bisnis online Anda.

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.