Pengen Terjun ke Dunia UI/UX, Belajarnya Mulai Darimana?

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Digital – Munculnya banyak Startup di bidang industri teknologi memperkenalkan kita pada beberapa nama pekerjaan baru.

Seperti pada industri desain, mulai dikenal kategori pekerjaan baru yang bernama User Interface (UI) dan User Experience (UX) designer.

Dalam membangun produk dari sebuah Startup, UI dan UX sangat dibutuhkan dalam pengembangan Web app atau Mobile App.

Berikut beberapa alasan kenapa UI/UX Design banyak di gandrungi oleh banyak anak muda yang memiliki minat terhadap teknologi dan desain.

UI/UX Designer Dibutuhkan oleh Startup dan Perusahaan Teknologi

UI/UX Designer sangat dibutuhkan oleh Startup dan perusahaan teknologi dalam pengembangan Web app dan Mobile app. User Interface bisa memberikan identitas dari sebuah startup. Sedangkan User Experience memberikan kesan konsumen terhadap sebuah produk teknologi.

UI/UX Akan Terus Berkembang

Proses UI/UX akan mengikuti pengembangan produk itu sendiri. Salah satu yang membedakan dari produk teknologi adalah perubahan yang begitu cepat, menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan kebutuhan user, begitu juga perubahan yang mesti dilakukan dari sisi UI maupun UX.

Mengasah proses Design Thinking

Mengimplementasikan UI/UX secara terus menerus akan mengembangkan Design Thinking yang kamu miliki. Karena kamu akan selalu memikirkan alasan dari setiap fitur yang akan dikembangkan.

Pilihan Karir yang Luas dengan Gaji yang Besar

Seorang UI/ UX Designer memiliki peluang untuk bekerja di perusahaan rintisan, agensi, perusahaan besar, atau bahkan freelance. Kamu bahkan bisa memilih pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote. Beragamnya pilihan karir UI/UX Designer juga sejalan dengan tawaran gaji yang besar.

Tidak Membutuhkan Background Khusus

UI/UX Designer merupakan salah satu pekerjaan yang tidak membutuhkan background pendidikan khusus. Siapapun bisa menjadi UI/UX Designer, apapun latar belakang kamu, jika kamu memiliki keterampilan yang dibutuhkan, kamu bisa menjadi seorang UI/UX Designer.

BACA JUGA  Hal-hal Penting dalam Strategi Pengembangan Produk Digital

Berikut beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan untuk bisa menguasai UI/UX Design

Ilustrasi

Buat kamu yang ingin bikin tampilan design web atau app yang bagus, kamu mesti cari tahu tentang UI Designer

Banyak sekali sebutan bagi orang orang yang membuat UI Design. Ada yang menyebutnya UI Designer, ada yang menyebutnya Visual Designer, ada yang menyebut nya UI/UX Designer dan berbagai sebutan lain nya.

Pahami proses kerja seorang UI Designer dan pahami juga pekerjaannya.

Buat kamu yang ingin bisa ngerancang app yang bagus, cari tahu tentang Interaction Designer dalam UI/UX

Interaction design berguna untuk merancang produk yang interaktif untuk membantu cara manusia berkomunikasi dan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Aspek yang dirancang meliputi UI design, Software design, User-centered design, Product design, Web design, experience design, Interactive system design,

Tujuan utama dari Interaction Design adalah menciptakan produk teknologi yang ‘Usable’. Yaitu Mudah dipelajari, efektif digunakan, Enjoyable user experience

Tugas seorang Interaction Designer adalah merancang produk tersebut adalah dengan membandingkan contoh-contoh produk dengan desain yang bagus dan tidak.

Buat kamu yang ingin bisa bikin konten atau tulisan pada app/web, cari tahu tentang UX Writer

Sesuai namanya, UX Writer adalah pekerjaan menulis untuk kepentingan pengalaman pengguna saat menggunakan suatu produk.

Seorang UX Writer bertanggung jawab untuk melakukan riset, menyusun strategi, sekaligus menulis konten yang baik. Selain itu, UX Writer juga bertanggung jawab membuat copy untuk semua button di aplikasi. Profesi UX Writer juga merupakan bagian dari tim desain sehingga terlibat dalam pembuatan situs web dan aplikasi.

Buat kamu yang ingin bisa bikin website, cari tahu tentang Web Developer

BACA JUGA  5 Tips Membangun Tim yang Solid untuk Perkembangan Bisnis Digital Kamu

Web Developer adalah Pengembang Web yang bekerja untuk merancang, membuat, dan memelihara situs web dan aplikasi web. Jadi bisa diartikan pengembang web adalah seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website.

Buat kamu yang ingin bisa bikin aplikasi, cari tahu tentang Mobile Developer

Dewasa ini, mobile developer semakin dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai bidang industri.

Mobile developer ditujukan pada mereka yang punya spesialiasi dalam teknologi mobile. Hal itu meliputi membuat aplikasi untuk Android Google, iOs Apple, dan platform ponsel Windows.

Buat kamu yang ingin bisa ngelakuin riset target pasar sebuah produk, cari tahu tentang User Researcher

UX researcher adalah seorang yang bertugas melakukan penelitian tentang segala kebutuhan calon pengguna dalam target pasar produk yang akan dikembangkan. Posisi ini termasuk ke dalam tim desain UX di mana mereka akan membangun sebuah kerangka awal produk yang akan dan sedang dikembangkan.

Sebagai contoh, ketika sebuah perusahaan akan membuat sebuah produk aplikasi belanja online, UX researcher akan melakukan riset tentang kebutuhan pengguna akan kemudahan berbelanja. Karena aplikasi belanja online memiliki banyak kompetitor, UX researcher juga bisa melakukan penelitian terhadap produk kompetitor.

Nantinya, UX researcher akan memperoleh beberapa hasil tentang kebutuhan pengguna dan kondisi lapangan sehingga pengembangan produk akan menjadi lebih efektif.

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.