Membahas Lebih Dalam Mengenai Apa Itu Web Portal

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Digital Marketing – Web Portal mulai populer pada akhir tahun 1990. Setelah perkembangan web browser pada pertengahan tahun 1990, banyak perusahaan mencoba membangun portal untuk mendapatkan perolehan pasar mereka melalui Internet. Web portal mendapat perhatian khusus karena bagi banyak pengguna, web portal merupakan halaman awal yang dibuka oleh web browser mereka. Netscape Netcenter telah menjadi bagian dari America Online, Walt Disney meluncurkan Go.com, dan Excite telah menjadi bagian dari AT&T di akhir 1990-an.

Banyak portal yang mengawali keberadaan mereka baik sebagai penyedia direktori Internet maupun fasilitas mesin pencari (Excite, Lycos, AltaVista, infoseek, dan Hotbot adalah beberapa layanan yang tertua dari yang ada). Ekspansi cakupan layanan dilakukan sebagai strategi untuk mengamankan basis pengguna dan memperpanjang masa kunjungan pengguna pada suatu portal. Layanan yang membutuhkan pendaftaran seperti email gratis, fitur tertentu, dan chatroom dianggap mampu mendorong kunjungan yang berulang pada suatu portal. Game, chat, email, berita, dan layanan lain juga bertujuan agar pengunjung tinggal lebih lama, di mana hal tersebut akan menambah penghasilan iklan.

Pengertian

Pixabay.com/FirmBee

Web portal adalah situs web yang digunakan untuk tujuan tertentu dan mengarahkan pembaca supaya melihat, membaca, dan berinteraksi dengan informasi pada situs website tersebut. Secara teknis, portal merupakan penyedia layanan informasi khusus untuk menarik minat pembaca agar masuk pada halaman website yang dicari, serta dapat diakses melalui berbagai perangkat seperti desktop, mobile, dan tablet.

Tujuan

Tentunya di dalam proses pembuatan web portal sendiri memiliki maksud dan tujuan khusus di dalamnya. Berikut merupakan beberapa tujuan atau goals dari pembuatan sebuah portal.

1. Sebagai Strategi Bisnis di Era Teknologi Digital

Dalam pembuatan situs website sendiri, tujuan utama adalah meningkatkan keuntungan. Terutama bagi anda yang bergerak di bidang bisnis, pengembangan website juga memberikan dampak positif bagi kenaikan profit bisnis dan usaha yang sedang dikembangkan. Terbukti saat ini, banyak sekali perusahaan baik negeri maupun swasta, startup, dan organisasi yang menggunakan bantuan website sebagai media promosi bagi bisnisnya.

Hal tersebut selaras dengan tujuan dibuatnya web portal yang memiliki tujuan penting dalam membangun sebuah bisnis. Biasanya, konten atau isi dari sebuah website disesuaikan dengan kebutuhan user serta produk layanannya.

BACA JUGA  Pengertian Merek atau Brand

2. Memberikan Informasi Khusus untuk Menarik Minat Pembaca

Selanjutnya, web portal juga memberikan berbagai informasi menarik dan sesuai dengan tujuan bisnis yang dijalankan. Misalnya saja, terdapat situs laman terkait dengan bidang kesehatan. Di dalamnya, menjelaskan mengenai produk kesehatan dan alat kesehatan terbaru yang ditawarkan dengan harga promo. Nah, disitulah web memegang peranan dalam menarik minat pembaca untuk masuk dalam website tersebut.

Perlu digaris bawahi disini adalah penggunaan sebuah wb portal mesti berisi data yang valid dan benar adanya. Ketika Anda membuat sebuah situs dengan menampilkan informasi yang palsu atau tidak valid kebenarannya, maka akan memberikan dampak negatif secara tidak langsung pada bisnis dan produk Anda.

3. Strategi marketing untuk membantu meningkatkan trafik di mesin pencari

Selain dari tujuan bisnis dan penyampaian informasi, web portal juga digunakan untuk sarana marketing (pemasaran). Banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan untuk dapat meningkatkan trafik atau lalu lintas di mesin pencari. Web portal menjadi strategi marketing yang banyak yang digunakan untuk meningkatkan cakupan skala user dari lokal hingga mampu mencapai pangsa nasional, hingga internasional.

Perlu adanya pendekatan khusus terkait marketing, sehingga dalam pembuatan website juga memerlukan sebuah optimasi yang dapat mendukung meningkatnya trafik dengan menggunakan SEO.

Jenis Web Portal

Ilustrasi web portal iklan properti

Berikutnya, membahas mengenai jenis web portal yang biasa anda temukan pada mesin pencari. Jika dilihat dari segi service, dibagi menjadi dua bagian:

1. Portal vertikal

Portal vertikal adalah jenis portal website yang menyediakan informasi khusus atau terbatas pada satu topik saja. Misalnya, portal game, portal kesehatan, portal properti, portal lifestyle, dll.

2. Portal horizontal

Portal Horizontal adalah jenis portal website yang memberikan informasi secara umum dan dapat diakses oleh setiap orang. Pada umumnya membahas mengenai informasi terkait bisnis dan layanan produk.

Keuntungan pembuatan website portal

Sebuah portal website juga memiliki kelebihan yang dapat dirasakan, terutama bagi pengembang website tersebut. Berikut merupakan keuntungan dari web portal:

BACA JUGA  Mengenal Komunitas Musang Lovers Lampung

1. Membantu dalam Meningkatkan Strategi Marketing dan Bisnis

Dengan adanya sebuah portal, maka proses pemasaran produk atau layanan dapat lebih mudah termonitoring, dan ternavigasi dengan baik.

2. Memudahkan Pengguna dalam Mencari Sumber Informasi yang Relevan

User akan lebih mudah mendapatkan informasi dengan jelas, cepat, dan akurat. Sehingga proses penyampaian informasi lebih tersampaikan dengan tepat sesuai dengan kebutuhan dari user.

3. Meningkatkan Traffic pengunjung website

Tujuan akhir dari pembuatan portal sendiri adalah mendapatkan total trafik yang banyak dengan konversi rate yang besar juga. Sehingga, mampu meningkatkan Website Authority anda.

Contoh web portal

Ilustrasi Content Writer | pexels

1. Portal web daerah

Sejalan dengan perkembangan dan kesuksesan portal web internasional seperti Yahoo!, portal daerah juga bermunculan. Beberapa portal daerah memiliki kandungan lokal seperti ramalan cuaca, peta jalan dan informasi bisnis lokal. Ekspansi menyolok lainnya pada beberapa tahun terakhir adalah perpindahan ke pasar yang tadinya tak terpikirkan seperti Tiongkok. Portal web dengan “kandungan lokal – jangkauan global” bermunculan di negara-negara seperti India (Rediff) dan Tiongkok (Sina). Portal-portal semacam ini mampu menjangkau komunitasnya yang tersebar di seluruh dunia.

2. Portal web pemerintah

Pada akhir meledaknya bisnis dot-com pada tahun 1990-an, banyak pemerintah yang berkomitmen membuat situs portal sebagai layanan informasi bagi warganegara mereka. Di Amerika Serikat, portal utamanya adalah FirsGov.gov, di Inggris portal utama layanan informasi bagi warganegara adalah directgov dan busineslink.gov.uk untuk layanan informasi bisnis. Beberapa penelitian yang bersifat internasional dilakukan untuk mengukur kemampuan transaksional portal-portal ini, yang paling menyolok adalah penelitian yang diselenggarakan oleh Accenture.

Banyak negara bagian di Amerika memiliki portal mereka masing-masing yang menyediakan akses langsung ke aplikasi eCommerce (contohnya Hawaii Business Express dan myIndianaLicense), situs-web kantor perwakilan dan departemen, dan informasi lebih spesifik tentang tempat tinggal, kegiatan bisnis, serta tempat-tempat kunjungan yang menarik.

Kebanyakan negara bagian tersebut di atas menugaskan suatu perusahaan untuk mengelola portal mereka. Salah satu perusahaan yang paling sukses saat ini adalah NICUSA yang mengelola 18 portal negara bagian. NICUSA memfokuskan pada model pendanaan mandiri dan tidak memungut biaya kepada negara atas pengelolaan, melainkan lebih ditopang dari pembayaran aplikasi yang dijual oleh perusahaan tersebut.

BACA JUGA  Apa Itu Bisnis Produk Digital dan Bagaimana Memulainya?

3. Portal web perusahaan

Pada awal tahun 2000-an, terjadi pergeseran fokus yang sebelumnya mengarah pada industri portal web menjadi mengarah pada portal intranet korporasi atau “web perusahaan”. Ketika mengharapkan jutaan pengguna yang tidak berafiliasi untuk kembali pada suatu portal web publik telah memberikan kesuksesan finansial yang bernilai, sehingga penggunaan portal web pribadi untuk menyatukan komunikasi web dan pemikiran dalam suatu perusahaan besar mulai dilihat oleh kebanyakan orang sebagai teknologi yang mampu menghemat biaya dan tenaga kerja. Banyak badan analisis telah memprediksi bahwa pembelanjaan perusahaan untuk portal web intranet akan menjadi salah satu dari 5 bidang yang memiliki prospek pertumbuhan paling pesat pada sektor teknologi internet dalam dekade pertama abad ke-21.

4. Portal web komunitas

Ketika disebut sebagai Portal Komunitas, sebuah situs-web biasanya sengaja didesain dan dibangun berdasarkan pertimbangan pada selera (kolektif) suatu komunitas. Oleh sebab itu fasilitas-fasilitas yang disediakan pada Portal Komunitas cenderung berupaya memenuhi kebutuhan komunitas tersebut.

Ilustrasi via Freepik

Banyak sekali portal yang dibuat baik dalam bidang teknologi, informasi, kesehatan, bisnis, olahraga, berita, dll. Contoh portal web berita terbaik di Indonesia adalah Detik.com, Kompas.com, CNN Indonesia, Tribunnews, Kompasiana, Liputan6.com, Kapanlagi.com, Merdeka.com, Okezone.com, dan portal yang lain.

Jika web portal ini dikelola secara konsisten dan berkala, secara organik konten-konten di blog ini akan makin mudah ditemukan di search engine, juga media sosial.

Untuk mencapai hal itu, Anda mesti menyajikan konten yang bermanfaat dan bisa menjadi bahan diskusi para praktisi dan klien potensial, sehingga otomatis juga mengukuhkan keberadaan, keahlian, dan pemahaman Anda di bidang terkait.(*)

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Kamu. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.