Lima Perguruan Tinggi Terbaik di Provinsi Lampung

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Bandar Lampung – Provinsi Lampung merupakan gerbang Pulau Sumatera dengan 9 juta penduduk (BPS, 2019) menjadikan peranan sangat vital dalam berbagai bidang.
Penyangga Ibukota dalam pemasok kebutuhan dasar juga talenta dan SDM dalam pendidikan. Kontribusi perguruan tinggi menjadi penting dalam pembangunan.

Berikut lima perguruan tinggi terbaik di Lampung versi Webometrics per 10 November 2020 sebagai berikut :

1. Universitas Lampung

Perguruan tinggi negeri tertua di Provinsi Lampung ini menjadi yang terbaik di Bumi Ruwa Jurai. Didirikan pada 23 September 1965 dan kini telah terakreditasi A. Kampus yang dikenal dengan almamater hijau ini juga dikenal sebagai penghasil sarjana pertanian terbaik ketiga di Indonesia.

Unila memiliki 8 Fakultas :
Fakultas Pertanian
Fakultas Hukum
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
Fakultas Teknik
Fakultas Kedokteran

2. Universitas Muhammadiyah Metro

Perguruan tinggi yang berada di Kota Metro ini semula merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta di Provinsi Lampung. Didirikan tahun 1966, bagian dari keluarga besar perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia.

Perguruan tinggi swasta ini berada pada peringkat dua terbaik di Provinsi Lampung dalam pemeringkatan Webometrics dengan akreditasi B. Tahun 2019, UM Metro mendapatkan izin dalam pembukaan pendidikan profesi guru (PPG) untuk pendidikan sejarah dan pendidikan ekonomi.

UM Metro memiliki 6 fakultas :
Fakultas Agama Islam
Fakultas Teknik
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Ilmu Komputer
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Hukum

3. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jalan ZA Pagar Alam, Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung ini berada pada peringkat tiga terbaik di Lampung. Menjadi satu-satunya PTS terbaik di Bandar Lampung dengan fokus pada IT dan Ekonomi ini memiliki slogan The Best dan telah terakreditasi B.

IIB Darmajaya juga memiliki program internasional untuk mahasiswa luar negeri berkuliah di kampus biru – sebutan – IIB Darmajaya. Pakar IT dunia, Onno W Purbo menjadi salah satu pengajar di kampus Entrepreneur dan International tersebut.

IIB Darmajaya memiliki 2 fakutas :
Fakultas Ilmu Komputer
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

4. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Semula bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung yang kemudian berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 38 tahun 2017 tanggal 7 April 2017 berubah UIN RI Lampung. Setelah mengalami perubahan, UIN RI yang berada dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia ini juga terus menambah prodi baru.

UIN RI Lampung, kini menjadi salah satu Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) terbesar di Provinsi Lampung. Kampus yang beralamat di Jalan Endro Suratmin ini juga memiliki banyak mahasiswa luar negeri yang berasal dari negara Asia dan Timur Tengah.

UIN Lampung memiliki 6 fakultas :
Fakultas Adab
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Fakultas Syariah
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

5. Institut Teknologi Sumatera

Perguruan tinggi yang dibentuk oleh Peraturan Presiden pada 6 Oktober 2014 dalam mendukung pemerataan pendidikan di Pulau Sumatera terletak di perbatasan Lampung Selatan dan Bandar Lampung. ITERA menjadi institut teknologi keempat negeri di Indonesia setelah ITB, Institut Teknologi 10 Nopember, dan ITK.

ITERA menjadi satu-satunya kampus yang memiliki akses terdekat ke gerbang Tol Trans Sumatera. Kini, kampus yang akan memiliki Observatorium Astronomi Internasional di Lampung ini juga terus melakukan penambahan prodi baru

ITERA memiliki 5 jurusan :
Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan
Jurusan Sains
Jurusan Teknik Elektro, Informatika, dan Sistem Fisika
Jurusan Teknik Manufaktur dan Mineral Kebumian
Jurusan Teknik Proses dan Hayati

Kelima perguruan tinggi tersebut merupakan yang terbaik di Provinsi Lampung. Webometrics merupakan lembaga indeks universitas yang melakukan pemeringkatan terhadap perguruan tinggi di dunia dan Indonesia berdasarkan empat indikator yakni presence, impact, opennes, dan excellence.
Pemeringkatan dimulai 2004 dan didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi web, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima. Pemeringkatan webometrics juga menjadi acuan perguruan tinggi bersaing dalam empat indikator untuk menunjukkan kenaikan peringkat, ditandai berkurangnya nilai masing-masing indikator tersebut. (*)

Share.

About Author

Comments are closed.