Kelola Manajemen Homestay Dan Pokdarwis Dinas Pariwisata Pesawaran Sinergikan Program Pemerintah

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran mengimbau agar pemilik dan pengelola homestay dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) kabupaten setempat harus siap menyinergikan program untuk mendongkrak kemajuan potensi pariwisata desa.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran Elsafri Fahrizal, dalam kegiatan pelatihan manajemen homestay yang digelar di Hotel Kurnia Perdana Bandar Lampung, Senin, 28 Oktober 2019.

“Pemerintah Kabupaten Pesawaran siap mengembangkan sektor industri pariwisata melalui peningkatan potensi wisata yang ada, salah satunya melalui kegiatan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Homestay,” kata dia.

Elsafri mengatakan pelatihan pengelolaan manajemen homestay ini diadakan selama dua hari itu (28 – 29 Oktober) telah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) guna meningkatkan kualitas pelayanan di bidang industri pariwisata di Kabupaten Pesawaran.

“Dibutuhkan perencanaan program serta kegiatan yang terarah dan terukur demi tercapainya cita-cita organisasi.”

“Dan juga perlu adanya koordinasi guna menyinkronisasikan dan menyinergikan program dan kegiatan untuk para pemilik dan pengelola homestay di Kabupaten Pesawaran, sehingga pelatihan ini diadakan,” kata dia.

Sementara, Kepala Bidang Pengembangan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Yudiana, mengatakan, berbagai kegiatan pelatihan dan pengembangan di bidang industri pariwisata diharapkan bisa mempercepat pengembangan industri usaha wisata di Pesawaran.

“Tentu saja semua harus didukung SDM yang maju untuk pemanfaatan SDA yang ada,” kata Yudiana.

Dia juga berharap adanya pelatihan ini bisa memberikan ciri khas dengan penataan homestay yang bersih dan rapi untuk membuat wisatawan merasa aman nyaman serta menjadi kenangan, sehingga wisatawan yang pernah berkunjung akan kembali lagi.

“Karenanya diperlukan asosiasi homestay sebagai organisasi profesional yang ditunjang dengan sumber daya manusia yang mumpuni untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Pesawaran,” kata dia.

BACA JUGA  DPRD Pesawaran Nilai Jalan Alternatif Arus Mudik Perlu Mendapat Perhatian

Menurut Yudi, itu juga merupakan pernyataan sikap dan rumusan peserta pelatihan manajemen homestay yang disampaikan kepada Pemerintah provinsi dan kabupaten guna pengembangan pariwisata di Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Pesawaran.

“Rumusan itu sesuai dengan pemaparan General Manager Novotel Lampung sekaligus General Treasurer of DPD IHGMA Lampung, Lalu Aswandi Jaya yang menyampaikan untuk mengembangkan pariwisata desa wisata diperlukan asosiasi homestay sebagai organisasi yang profesional yang ditunjang dengan perangkat kerja yang mumpuni,” kata dia. (**)

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.