Karir Anda Sudah Mentok ? Jangan Pesimis, Lakukan 6 Hal ini !

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Lifestyle – Jangan pesimistis jika anda merasa karir yang selama ini dirintis tidak membuahkan hasil alias stagnan. Apalagi anda merasa usia saat ini sudah tidak produktif, coba beberapa tips versi suara.com dibawah ini :

Mengoreksi Diri

Perkembangan karier seseorang biasanya ditentukan orang itu sendiri. Inilah yang menjadi bahan perenungan Anda jika merasa perjalanan karier sudah mentok. Coba tanyakan dalam hati, “Apakah saya sudah memberikan kontribusi penuh terhadap perusahaan?” Jika jawabannya belum, bisa jadi hal ini yang menyebabkan Anda merasa perjalanan karier sudah mentok.

Sebelum menyalahkan perusahaan atas mentoknya perjalanan karier, cobalah mengoreksi diri sendiri terlebih dulu. Selidiki kekurangan yang ada dalam diri Anda dan perbaiki kekurangan tersebut. Ubah kekurangan menjadi kelebihan yang dapat membuat karier melejit di perusahaan.

Menyusun Strategi Kerja Baru

Ilustrasi | pexels

Jika sudah mengetahui letak kekurangan dalam diri sendiri, sekarang saatnya untuk menyusun strategi kerja yang baru. Strategi kerja baru merupakan bentuk perubahan pada metode kerja yang Anda lakukan selama ini. Hal ini dapat meliputi berbagai macam aspek. Mulai dari jam bangun pagi, jam berangkat kerja, cara bekerja, hingga lain sebagainya.

Dalam menyusun strategi kerja, selipkan setidaknya tujuan yang hendak Anda capai pada hari ini. Fokus pada tujuan yang sudah ditetapkan dan berikan kontribusi maksimal saat bekerja. Kalaupun strategi kerja tiba-tiba berubah di tengah jalan, lakukan penyesuaian secepat mungkin agar tujuan pada hari ini tetap kesampaian.

Belajar Meningkatkan Kompeten

Karier seseorang bagaikan pergerakan ombak, kadang naik kadang turun. Hal yang sama terjadi saat meniti karier. Apa yang sudah Anda tetapkan tidak selamanya berjalan mulus. Ada saja hambatan yang akan menghambat perjalanan karier.

BACA JUGA  10 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Gairah, di Hari Kesehatan Seksual Sedunia

Inilah sebabnya kenapa Anda perlu terus belajar dan belajar untuk lebih kompeten dalam meniti karier. Perbanyak membaca untuk menambah wawasan agar Anda bisa lebih unggul dibandingkan rekan kerja yang lain. Sebab perusahaan pada prinsipnya membutuhkan bibit-bibit unggul untuk memajukan perusahaan.

Membangun Network yang Lebih Luas

Ilustrasi | pexels

Membangun network yang luas sangat baik untuk perkembangan karier, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Semakin banyak orang mengenal Anda dan semakin banyak orang yang Anda kenal, peluang untuk meniti karier juga semakin terbuka lebar.

Orang yang Anda kenal bisa saja menawarkan karier untuk bekerja di perusahaan lain yang lebih besar. Kesempatan inilah yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menunjukkan kapabilitas diri sehingga menjadi emas yang menguntungkan bagi diri sendiri.

Mintalah teman untuk memperkenalkan Anda dengan teman-temannya di kantor. Cara ini terbukti sangat ampuh dan efektif untuk memperluas network.

Bekerja dengan Rajin

Ilustrasi | unsplash

“Orang pintar akan dikalahkan orang yang rajin”. Begitulah yang terjadi di dunia kerja. Pintar saja tidak cukup untuk meniti karier karena kepintaran dapat diperoleh dengan cara belajar. Sementara rajin tidak diperoleh dengan belajar, tetapi kemauan yang kuat untuk mengerjakan suatu hal.

Karena itu, tanamkan budaya rajin dalam diri sendiri. Kerajinan Anda menjadi nilai spesial bagi perusahaan. Kalau atasan selalu melihat Anda bekerja dengan rajin, tawaran untuk naik jabatan bisa saja diberikan. Jadi, masih mau bermalas-malasan?

Menghubungi Atasan atau HRD

Upaya perubahan telah dilakukan, tapi perjalanan karier tetap terasa mentok? Daripada stres sendiri memikirkan akar penyebabnya, lebih baik tanyakan langsung kepada atasan atau HRD mengenai kinerja Anda di perusahaan.

BACA JUGA  Tips Bahagia, Belajar Menabung Sejak Usia 20 Tahun

Apabila kinerja Anda bernilai negatif, ada baiknya lakukan perubahan yang lebih intens. Ikuti pelatihan pengembangan kinerja karyawan yang diselenggarakan perusahaan agar kinerja Anda menjadi lebih baik di kemudian hari.(**)

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.