Jelang Lebaran Harga Kebutuhan Bahan Pokok Di Pesawaran Normal

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Jelang Idul Fitri sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan. Hal tersebut diketahui saat tim hari besar keagamaan nasional (HBKN) melakukan sidak di beberapa pasar di Kabupaten Pesawaran, Kamis, 6 Mei 2021.

Koodinator tim HBKN Merni Litayanti menyatakan bahwa secara keseluruhan ketersediaan pangan jelang Idul Fitri aman.

“Alhamdulillah kalau dari stok aman, sejak menjelang puasa hingga mau idul fitri,” kata dia.

Kepala Bagian Pengembangan Perekonomian Daerah itu mengatakan, terkait kenaikan sejumlah harga sembako dinilai wajar menjelang idul Fitri. Namun kenaikan yang terjadi tidak signifikan.

Seperti harga cabai merah, dari Rp 26 ribu menjadi Rp 30 ribu perkilogram dan bawang merah dari Rp 26 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram itu sudah bisa dikatakan stabil.

“Kenaikan harga biasa terjadi kalau menjelang idul Fitri, namun tidak signifikan. Kalau cabai sempat anjlok karena tempo hari kan panen raya. Untuk harga saat ini terbilang masih normal. Dan kita salah satu pemasok cabai untuk luar Lampung,” kata dia.

Sementara salah seorang pedagang di pasar Kedondong Yogi Sofandi mengatakan, stok ketersediaan bahan pokok dan kebutuhan lainnya relatif aman, meskipun beberapa harga kebutuhan sempat mengalami penurunan harga.

“Kalau cabai merah dari empat hari lalu dari Rp 16 ribu, Rp 18 ribu terus naik Rp 24 ribu hingga hari ini Rp 30 ribu. Begitu juga dengan bawang merah dari Rp 26 ribu menjadi Rp 30 ribu. Tapi untuk stock aman mas. Seperti cabai harganya tempo hari sempat anjlok,” kata dia.

Berikut data beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan

No.  Bahan pokok    28 April.      6 Mei

1.  Cabai Merah.     Rp 23.000  Rp 28.000
2.  Cabai Rawit.      Rp 30.000.  Rp 35.000
3. Daging Sapi.       Rp 120.rb.   Rp 130RB
4. Bawang merah.  Rp 28.000. Rp 30.000
5. Ayam Kampung. Rp 65.000. Rp 75.000

BACA JUGA  Diusung Partainya Petahana Tak Akan Didaftarkan M Nasir Ke KPU

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.