Jelang Hari Tani Nasional 2023, Tokopedia Ungkap Kisah UMKM Tanah Air yang Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com – Sektor pertanian memegang peran krusial dalam menjaga ketahanan pangan, menciptakan lapangan kerja, dan memajukan ekonomi Indonesia. Menurut Kementerian Pertanian Republik Indonesia, sektor pertanian berhasil mempertahankan pertumbuhan positif selama pandemi Covid-19 pada tahun 2020, dengan pertumbuhan PDB sektor pertanian meningkat sebesar 1,77%, dan pada tahun 2021 naik menjadi 1,84%.

“Peran sektor pertanian sangat penting dalam pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi. Kolaborasi semua pihak diperlukan untuk memaksimalkan peran petani dan mendukung kemajuan industri pertanian dalam negeri,” kata Revie Jefta Akhwilla, Category Development Senior Lead Tokopedia, menyambut Hari Tani Nasional yang akan datang pada tanggal 24 September 2023.

“Dalam rangka menyambut Hari Tani Nasional, Tokopedia terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk memberikan platform kepada lebih dari 14 juta penjual, hampir 100% di antaranya adalah pelaku UMKM, termasuk yang bergerak dalam sektor pertanian. Tujuannya adalah untuk mengembangkan usaha mereka sambil membantu meningkatkan kesejahteraan para petani,” tambahnya.

Hyperlocal adalah inisiatif yang bertujuan mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada melalui teknologi geo-tagging. Salah satu bagian dari Hyperlocal adalah layanan pemenuhan pesanan (fulfillment service) yang disediakan oleh Tokopedia. Dengan layanan ini, penjual dari seluruh Indonesia, termasuk yang berbisnis di sektor pertanian, dapat menyimpan produk-produk mereka di gudang-gudang pintar Tokopedia di wilayah dengan permintaan tinggi, sehingga mereka tidak perlu pindah ke kota besar. Di sisi lain, masyarakat di seluruh Indonesia dapat mengakses lebih banyak pilihan produk kebutuhan mereka dengan lebih cepat dan efisien, tanpa biaya pengiriman.

“Salah satu contoh lain dari Hyperlocal adalah Tokopedia NYAM!, sebuah kampanye yang menghadirkan produk makanan dan minuman dari pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM. Dalam rangka menyambut Hari Tani Nasional, Tokopedia NYAM! mengadakan Tokopedia Coffee Week untuk memberikan panggung lebih kepada pelaku usaha kopi yang juga berperan dalam memberdayakan petani lokal,” kata Revie.

BACA JUGA  4 Upaya Hukum Membatalkan Sertifikat Tanah Yang Diserobot Orang Lain

Berkat Hyperlocal Tokopedia, penjualan produk-produk pertanian lokal mengalami peningkatan yang signifikan. “Selama kuartal III 2023, penjualan produk tanaman, termasuk tanaman hias dan bibit tanaman, meningkat lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan dengan kuartal III 2022,” ungkap Revie, dengan merujuk pada data Tokopedia dari 1 Juli hingga 12 September 2023, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Selain itu, berbagai jenis buah-buahan yang dihasilkan oleh petani juga mengalami peningkatan penjualan yang mencolok di Tokopedia. “Penjualan buah mangga harum manis, salah satu varietas mangga populer yang berasal dari Probolinggo, Jawa Timur, meningkat hampir 3,5 kali lipat selama kuartal III 2023 dibandingkan dengan kuartal III 2022,” kata Revie.

“Jumlah transaksi untuk buah salak pondoh, yang kaya serat, karbohidrat, zat besi, vitamin A, dan C, melonjak hampir 4 kali lipat. Di sisi lain, pisang cavendish atau pisang ambon putih mengalami kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat,” tambahnya.

Penjualan berbagai jenis sayuran juga mengalami kenaikan yang signifikan. “Misalnya, penjualan pare meningkat hampir 4 kali lipat selama kuartal III 2023 dibandingkan dengan kuartal III 2022. Transaksi ubi ungu manis naik hampir 7 kali lipat. Sedangkan penjualan sayur selada iceberg, yang kaya akan kandungan vitamin A dan C, melonjak hampir 7,5 kali lipat,” ungkap Revie.

“Selain itu, berbagai komoditas pertanian lokal, seperti biji kopi dan madu, juga sangat diminati oleh masyarakat melalui Tokopedia. Penjualan biji kopi Indonesia meningkat lebih dari 2 kali lipat selama kuartal III 2023 dibandingkan dengan kuartal III 2022. Sementara itu, jumlah transaksi madu asal Kalimantan naik lebih dari 4,5 kali lipat,” tambahnya.

Selain tren belanja online produk-produk pertanian, Tokopedia juga membagikan kisah inspiratif dari pelaku usaha Pupuk Dinosaurus dan Sakha Coffee Roastery, yang berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia melalui penjualan online di platform Tokopedia.

BACA JUGA  Kepala Desa Diminta Jangan Bosan Hadiri Reses Demi Pembangunan Wilayahnya

Pupuk Dinosaurus: Meningkatkan Kesejahteraan Petani dengan Pupuk Organik

Pada tahun 2017, Freddy Wijaya mendirikan Pupuk Dinosaurus sebagai wujud kepeduliannya terhadap petani di Nusa Tenggara Timur (NTT). Perusahaan ini fokus memproduksi pupuk organik untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian, yang pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan petani.

Freddy menyadari bahwa sektor pertanian di Indonesia menghadapi berbagai tantangan, termasuk perubahan pola pikir petani menuju pertanian yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. “Pertanian yang berkelanjutan dapat membuat lahan semakin subur dan meningkatkan hasil panen serta pendapatan petani,” ujarnya.

Pupuk Dinosaurus terus berupaya memberdayakan petani melalui pelatihan dan pendampingan. “Kami mengadakan demonstrasi agar petani dapat melihat dan mempraktikkan teknik budidaya dan pemupukan yang tepat sehingga produktivitas lahan mereka meningkat,” jelas Freddy. Melalui bisnis ini, Freddy berhasil memberdayakan ratusan petani dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pupuk Dinosaurus juga memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia untuk memastikan produknya dapat diakses oleh petani di seluruh Indonesia dengan mudah. “Penjualan Pupuk Dinosaurus di Tokopedia terus mengalami peningkatan, dan berkat layanan Dilayani Tokopedia, produk Pupuk Dinosaurus dapat dijangkau oleh masyarakat, termasuk petani, dari Aceh hingga Kupang,” ungkap Freddy.

Sakha Coffee Roastery: Memberdayakan Petani Kopi Lokal dan Meraih Omzet Tinggi

Sakha Coffee Roastery didirikan oleh Teuku Andi pada tahun 2017 dengan tujuan untuk membantu petani kopi di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Aceh, Jambi, Palembang, Bandung, Temanggung, Bali, dan Flores. Ketika pandemi melanda pada awal tahun 2020, Sakha Coffee Roastery memutuskan untuk menjual produk biji kopi secara online di Tokopedia sebagai upaya untuk tetap mendukung petani kopi Indonesia.

Sakha Coffee Roastery juga aktif mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia, termasuk Tokopedia NYAM!, untuk memastikan bahwa kopi Indonesia tetap dapat dijangkau oleh masyarakat.

BACA JUGA  Akhir Tahun Polres Pesawaran Kembali Amankan 55 Tersangka Kriminal

“Saat ini, mayoritas penjualan Sakha Coffee Roastery berasal dari Tokopedia. Transaksi di toko Sakha Coffee di Tokopedia meningkat lebih dari 1,5 kali lipat selama kuartal I 2023 dibandingkan dengan kuartal I 2022, dan omzet kami mencapai ratusan juta setiap bulannya melalui Tokopedia. Bahkan, Sakha Coffee Roastery memenangkan kategori ‘Kopi Bubuk Terbaik’ dalam ajang Terbukti NYAM! 2023,” ujar Teuku.

Sakha Coffee Roastery juga aktif berpartisipasi dalam kampanye Tokopedia Coffee Week, yang menawarkan berbagai promo menarik untuk pembelian produk kopi. Salah satu promo tersebut adalah flash sale dengan harga mulai dari Rp10.000 dan diskon hingga 50%.

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.