Ini Janji Kadis Perindag Pesawaran Perjuangkan Nasib Petugas Kebersihan Pasar

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pesawaran Sam Herman berjanji akan memperjuangkan nasib 18 petugas kebersihan pasar di kabupaten setempat agar (minimal) mendapatkan SK bupati, sehingga keselamatan kerja mereka dapat terjamin di BPJS ketenagakerjaan.

“Segera saya usulkan ke pak Bupati, kalau bisa sekarang juga (segera) diubah menjadi SK Bupati, mengapa harus menunggu di perubahan (APBD Perubahan),” kata Kepala Dinas Perindag Pesawaran, Sam Herman, Selasa, 25 Mei 2021.

Sementara ini, kata dia, honor petugas kebersihan sudah dianggarkan di dinas. Ke depan akan kita usulkan ke pimpinan (Bupati Pesawaran) agar mereka mendapat SK Bupati Pesawaran.

Dengan mendapat SK Bupati Pesawaran, kata dia, secara otomatis jaminan kesehatan para petugas kebersihan dapat di cover melalui BPJS Kesehatan.

Diakui Sam Herman, dalam kurun tiga tahun terakhir pihaknya menganggarkan honorarium di kegiatan pada bidang pasar. Di mana sebelumnya, honorarium para petugas kebersihan pasar dialokasikan melalui UPT Pasar.

Mengenai pengadaan alat kebersihan yang menjadi kebutuhan pokok petugas kebersihan seperti warepark, sapu, sepatu boot, masker dan lainnya, pada tahun ini pihaknya sudah menganggarkan pengadaan alat kebersihan tersebut.

“Sudah dianggarkan tahun ini dan nanti akan segera kita distribusikan ke petugas,” kata dia.

Dikatakan dia, dalam pengelolaan sampah di lingkungan pasar memang sudah menjadi tanggungjawab pihaknya. Namun, Dinas Perindag juga akan berkoordinasi dengan dinas Lingkungan Hidup, kecamatan dan desa guna membahas lebih lanjut pola yang akan diterapkan ke depan dalam menertibkan persoalan sampah, baik sampah pasar maupun sampah rumah tangga yang ada di lingkungan pasar rakyat.

“Kita musti duduk bareng, karena, harus diakui juga, ada sedikit warga yang membuang sampah rumah tangga di lokasi pasar,” kata dia. (**)

BACA JUGA  Atasi Ketersediaan Air Minum Dermawan Realisasikan  Seratusan Pamsimas

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.