Ini Akibatnya Jika Pasangan Sering Bertengkar di Depan Anak

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com – Parenting, Pertengkaran dalam rumah tangga merupakan hal yang wajar. Tapi terlalu sering bertengkar juga tak baik, apalagi pasangan yang sudah dikaruniai keturunan. Hal tersebut tidak hanya berpengaruh pada hubungan mereka, tapi juga anak-anak mereka.

Seperti dilansir media boldsky, kondisi kejiwaan anak sangat tergantung pada perilaku orang tua mereka. Bahkan, 90 persen kejiwaan anak-anak dipengaruhi oleh perilaku orang tua mereka. “Sering menyaksikan pertengkaran akan menyebabkan anak mengalami  depresi dan kecemasan.  Bertengkar di depan anak-anak, juga bisa “membunuh” mereka,” tulis laporan lainnya.

Sehingga orang tua yang memiliki masalah disarankan untuk tidak beradu argumen di depan anak-anak mereka. Mereka disarankan untuk membahas “perbedaan” itu di dalam kamar dengan pintu yang tertutup.

Pasalnya, ketika anak melihat orang tuanya bertengkar, rasa tidak aman akan langsung menyusup ke pikiran anak. Pertengkaran yang sering di depan anak-anak hanya akan mengganggu mental  anak yang pada gilirannya akan mempengaruhi pertumbuhan mereka secara keseluruhan.

Menurut pakar anak-anak, anak yang sering melihat kedua orang tuanya bertengkar akan cenderung mengalami depresi. Mereka akan lebih sulit merasa bahagia.

Sering menyaksikan pertengkaran juga akan membuat anak menarik diri. Mereka cenderung pendiam dan menolak bergabung dengan teman-temannya. Tak jarang anak-anak ini akan menyalahkan dirinya, dan merasa mereka adalah masalah. Jika kondisi ini dibiarkan, maka akan terbawa hingga dewasa yang selanjutnya akan mempengaruhi kejiwaan mereka.

Anak-anak juga akan tumbuh dalam kondisi diliputi perasaan khawatir dan tidak aman. Jika tidak ditangani dengan benar, maka anak-anak ini bisa mengalami gangguan mental.

Dalam beberapa kasus, anak korban brokenhome akan menjadi agresif dan memberontak. Selain sebagai pelampiasan, ini juga bisa terjadi karena anak-anak melihat kekerasan adalah jalan yang benar untuk bertahan hidup. Dan ini juga akan mempengaruhi perilaku mereka saat dewasa nanti.(**)

BACA JUGA  Tips Membuat Kopi Susu Kekinian di Rumah ala Café
Share.

About Author

Comments are closed.