Gugus Tugas Pesawaran Tunggu Hasil Swab Belasan Tenaga Medis

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 saat ini masih menunggu hasil tes swab 18 tenaga kesehatan (nakes) yang dinyatakan reaktif dari rapid tes terhadap sekitar 1400 tenaga kesehatan diseluruh fasilitas kesehatan di kabupaten setempat.

“Dari 18 nakes dari 1400 se pesawaran saat ini rata rata sudah melewati 14 hari isolasi mandiri dan ada juga hari ini sudah 14. Kita masih menunggu hasil swab yang kita kirim ke Palembang.  Sambil menunggu hasil tes swab, ke-18 nakes tetap melanjutkan isolasi mandiri,”ungkap Juru Bicara Tim GTPP Aila Karyus, 28 Mei 2020.

Dikatakan, selain menunggu hasil tes swab terhadap 18 nakes tersebut,pihaknya juga saat ini menunggu hasil tes swab 2 terhadap 20 orang yang di nyatakan reaktif dari hasil rapid tes di Puskesmas Gedongtataan.

Di mana dari 20 orang tersebut terdiri dari
11 nakes di wilayah puskesmas Gedongtataan ditambah 9 anggota keluarga dari hasil tracking.

“Pertama 8 orang reaktif yang kita kirim swab pertama, dua diantaranya terkonfirmasi positif covid-19. Kemudian pada rapid tes lanjutan didapatkan 3 nakes yang reaktif. Dan kemudian dari hasil tracking terhadap anggota keluarga bertambah 9 orang reaktif. Dan saat ini kita masih menunggu hasil tes swab terhadap mereka,” kata dia.

Untuk itu lanjut Aila pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik jika terdapat salah satu warga yang dinyatakan reaktif dari hasil rapid tes. Dimana rapid tes bukan penentu utama apakah seseorang terkonfirmasi positif covid-19. Melainkan hasil tes swab yang dapat dijadikan rujukan.

“Kita juga mengimbau agar masyarakat tetap menjaga ketat protokol kesehatan, kenakan masker jika hendak keluar rumah,jaga pola hidup bersih dan sehat serta mencuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktifitas,” kata dia. (**)

BACA JUGA  HDKD Cup Badminton Tournament 2022 Sukses Digelar, Kakanwil Kemenkumham Lampung : Ini Ajang Silaturahim

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.