Fenomena Kawanan Domba Berjalan Melingkar Selama 12 Hari Tanpa Henti

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Berita – Kawanan domba tertangkap kamera berjalan membentuk lingkaran tanpa henti selama dua belas hari.

Fenomena tak biasa di Mongolia Dalam, Cina ini viral setelah videonya diunggah People’s Daily pada Rabu (16/11/2022).

Dalam rekaman video, puluhan domba terlihat berjalan searah jarum jam membentuk lingkaran di dalam sebuah peternakan. Beberapa domba melihat dari kejauhan, sementara yang lain diam berdiri dalam formasi.

Menurut laporan People’s Daily, perilaku domba-domba tersebut masih menjadi misteri. Akan tetapi kondisi mereka sehat-sehat saja. Si pemilik domba, Miao, menjelaskan bahwa gerakan dimulai oleh beberapa domba dan kemudian diikuti domba yang lain.

“Meski ada 34 kandang domba di peternakan, hanya domba di nomor 13 yang bertindak seperti ini,” jelas Miao seperti dikutip New York Post, Minggu (20/11/2022).

Fenomena tersebut tentu saja menimbulkan banyak perbincangan dari warganet. Bahkan beberapa diantaranya berspekulasi bahwa perilaku aneh domba tersebut disebabkan oleh Listeriosis, yaitu infeksi yang dipicu bakteri Listeria.

Apa itu Listeriosis?

Mengutip dari laman panduan dokter hewan Merck Manual, Listeriosis disebabkan dari makanan yang terkontaminasi.

Bakteri tersebut bisa menyebabkan berdampak pada sistem saraf dan menyebabkan kelumpuhan dan perubahan perilaku.

“Awalnya hewan yang terkena bakteri ini mengalami anorektik, depresi, dan disorientasi. Mereka mungkin mendorong diri ke sudut atau bersandar pada benda yang tidak bergerak, hingga berputar ke arah sisi yang terkena dampak,” tulis keterangan dalam Merck Manual.

Pada umumnya, Listeriosis menyerang hewan yang hidup di iklim dingin. Domba yang terinfeksi bakteri listeriosis tidak akan bertahan hidup dalam waktu 24 – 48 jam setelah gejala.

BACA JUGA  Pola Pikir dan Skill Berikut Harus Dimiliki UX Designer!

Yang tak kalah hebohnya, tak sedikit warganet yang menghubungkan fenomena ini dengan hari kiamat hingga invasi alien. Wah, ada-ada saja, ya!(*)

Share.

About Author

Penggiat kegiatan alam bebas dan olahraga

Comments are closed.