Dirjen Pedas Mahendra Siap Bantu Program Jumat Menanam Pesawaran

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Pemerintah Kabupaten Pesawaran mencanangkan program Jumat menanam guna dijadikan kebiasaan bagi aparatur sipil negara di lingkup pemkab setempat.

Hal itu dikatakan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat melakukan penyerahan hibah kecil mikro (mikro grand) CCCD kepada kelompok masyarakat Desa Bayasjaya dan penandatanganan rencana pengelolaan model DAS mikro (MDM) Waykhilau di aula Pemkab Pesawaran, Kamis 29 Agustus 2019.

“Setiap Jumat menanam satu pohon, kita biasakan bawa satu bibit, walaupun saat ini kita belum menanam tanaman keras, baru horti dan itu akan kita jadikan muatan lokal yang sementara ini kita akan terapkan sebatas ASN pemkab terlebih dahulu,” kata dia.

Menurut Dendi, ke depan, program ini akan diteruskan sampai tingkat desa. Hal itu tentunya juga akan sinkron dengan program CCCD yang akan membangun model DAS mikro di sekitaran Perintian dan register 21 seluas 424 hektare.

“Kita hanya mampu jaga hilirnya saja, sedangkan hulunya kita belum sanggup, program ini tentunya akan sangat membantu kita,” kata dia.

Awalnya, Dendi mengira bahwa program ini hanyalah program di atas kertas saja, tanpa ada realisasi cepat.

“Padahal baru kemarin rapat rapatnya, koq tiba tiba sudah berjalan, dan istimewanya se Indonesia hanya ada dua titik di dua provinsi yakni Jawa Timur (Malang) dan Lampung, Pesawaran salah satunya,” kata dia.

Dikatakan Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung itu, banyak faktor yang menyebabkan kerusakan.
“Karenanya, mode seperti apa yang akan dibuat CCCD, tentunya akan ada konservasi di sana.”

“Dan tentunya butuh peran semua masyarakat,” kata dia.

Pasangan Wakil Bupati Pesawaran Eriawan itu mengatakan, masyarakat harus sadar kenapa CCCD memilih Bayasjaya sebagai proyeknya. Karena hulu DAS ada di Bayasjaya.

BACA JUGA  Sambut Ramadhan, Makin Efisien Memasak dengan MODENA Freestanding Cooker FC 5942 S

“Berarti Bayasjaya menyimpan potensi yang besar, Program ini harus jadi program kemandirian, manfaatkan hal itu jadikan hal ini menjadi program berkelanjutan, jangan hanya tergantung pada orang lain.”

“Manfaatnya bukan buat saya, ya buat masyarakat Bayasjaya, karena saya kan tidak punya lahan di sana,” kata dia.

CCCD Dukung Program Jumat Menanam

Dirjen pengendalian daerah aliran sungai dan hutan lindung Mahendra Haryanto menyambut positif program Jumat menanam Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan menyatakan siap membantunya.

“Kami siap dukung program Jumat menanam, berapa pun bibit yang dibutuhkan kami siap bantu,” kata Mahendra saat memberikan sambutan.

Menurut dia, pihaknya memiliki SDM yang mumpuni guna melakukan penghijauan, sehingga dapat membantu program Bupati Pesawaran.

“Bukan hanya SDM, bibit buah pun ada, jadi berapa pun yang Pesawaran mau, tinggal hubungi saja,” kata dia.

Mengenai program yang akan dilaksanakan di Pesawaran, Mahendra menjelaskan bahwa saat ini di Bayasjaya, ada mata air yang debitnya hanya 5 liter, dan itu harus diselamatkan.

“Untuk mengembalikan mata air itu bukan hal mudah, butuh wakti bertahan tahun serta partisipasi semua pihak.”

“Karena tujuan utamanya adalah jika kemarau tidak kering jika penghujan tidak banjir,” kata dia.

Menurut dia, profram yang akan dikerjakan yakni pengelolaan DAS yang intregatif. “Dan ini bukan hanya untuk kita tapi untuk kita semua dan seterusnya,” kata dia. (**)

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.