Diawali Lantunan Ayat Suci Al Quran, Piala Dunia Qatar 2022 Resmi Dibuka

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com – Piala Dunia Qatar 2022 resmi dibuka pada hari Minggu (20/11/2022) pukul 21.40.

Upacara pembukaan yang megah ini digelar di Al Bayt Stadium di Al Khor, Qatar.

Pesan-pesan kemanusiaan dan persatuan sudah terasa sejak awal pembukaan. Salah satunya dikumandangkan lantunan ayat suci Al Quran yaitu Surat Al Hujurat ayat 13.

Kutipan ayat suci itu dibacakan oleh Ghanim Al Muftah. Ia adalah penyandang disabilitas namun juga seorang penghafal Al-Quran. Ghanim Al Muftah juga menyandang status sebagai Duta Piala Dunia Qatar 2022.

Morgan Freeman menjadi narator acara pembukaan tersebut bersama Ghanim Al Muftah. Freeman menanyakan kepada Ghanim bagaimana tetap bersatu di tengah perbedaan. Ghanim lalu melantunkan Surat Al-Hujurat ayat ke-13.

‘Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja’alnākum syu’ụbaw wa qabā`ila lita’ārafụ’

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal,” ujar Ghanim saat mengartikan ayat tersebut dilansir dari detikSport.

Acara dilanjutkan dengan penampilan Tari Adhar, yaitu tari pedang khas Qatar. Penonton kemudian disuguhkan dengan kemunculan maskot dan soundtrack Piala Dunia dari masa ke masa.

Kemunculan maskot Piala Dunia 2022 yang bernama Laeeb diiringi dengan penampilan Jungkook BTS yang membawakan lagu ‘Dreamers’.

image : Instagram/fifaworldcup

Di tengah penampilan Jungkook, muncul penyanyi Qatar Fahad Al Kubaisi yang mengenakan kostum tradisional Qatar berwarna abu-abu.

Berikutnya, penonton disuguhi pemutaran video yang mengisahkan bagaimana sepakbola berkembang di Qatar, yang juga menjadi simbol saling menghormati sesama bangsa.

Pemimpin Qatar Emir Qatar Sheikh Tamim al Thani lalu tampak menandatangani kaos kebanggaan Qatar bersama dengan sang ayah.

BACA JUGA  Sejumlah Parpol Ragukan Data Jumlah Penduduk Disdukcapil Pesawaran

“Dari Qatar, dari negara Arab, kami menyambut kalian semua pada Piala Dunia 2022,” kata Syaikh Tamim mengawali pidatonya dalam bahasa Arab.

Sejumlah pemimpin dunia tampak duduk berjejer di belakang Syekh Tamim, mulai dari Perdana Menteri Arab Saudi Mohammed bin Salman, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, Presiden FIFA Gianni Infantino, dan sebagainya.(*)

Share.

About Author

Penggiat kegiatan alam bebas dan olahraga

Comments are closed.