Dampak Buruk Konsumsi Buah Mangga Berlebihan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Kesehatan – Buah mangga merupakan buah yang sangat digemari masyarakat, rasa manis dan lezat.

Namun siapa sangka jika dibalik rasa manis itu, jika kita mengkonsumsi buah ini secara berlebihan bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan kita.

Beberapa individu mungkin menderita suatu kondisi yang disebut “mulut mangga”. Gejalanya meliputi gatal, bengkak, dan lepuh di sekitar mulut, bibir dan ujung lidah. Biasanya, gejala terjadi pada orang yang alergi makan mangga mentah.

Berikut beberapa dampak buruk mengkonsumsi mangga seperti dilansir dari laman Boldsky :

Infeksi Salmonella

Serat Salmonella Serotipe Newport (SN) dilaporkan di Amerika Serikat selama tahun 1999, dan hasilnya dilaporkan mangga menjadi penyebab salmonellasis. 78 pasien dari 13 negara bagian terinfeksi dengan strain wabah. 15 pasien dirawat di rumah sakit; 2 meninggal di antara 28 pasien yang terdaftar dalam studi kasus, 14 orang (50 persen) melaporkan bahwa mereka memakan mangga dalam 5 hari sebelum terkena penyakit.

Tidak baik bagi orang dengan Arthritis

Orang yang menderita penyakit seperti arthritis, sinusitis dan lain-lain, harus menjaga konsumsi mangga agar seminimal mungkin. Konsumsi mangga mentah, matang atau dijus bisa menyebabkan kejengkelan.

Mengonsumsi mangga dalam bentuk jus

Mengonsumsi mangga dalam bentuk jus buah bisa berpotensi membahayakan kesehatan Anda. Mengonsumsi jus mangga menghilangkan kandungan serat pada mangga, sehingga manfaatnya sirna.

Selain itu, mengonsumsi mangga dengan tambahan gula menyediakan kalori kosong, yang menghilangkan nilai nutrisinya. Kalori kosong juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan dengan cepat. Jadi, disarankan agar mengonsumsi mangga utuh, bukan minum jus atau tanpa tambahan gula.

Reaksi alergi

Ada beberapa alergi berhubungan dengan makan mangga pada individu yang alergi terhadap buah. Gejalanya bisa berupa mata berair, pilek, masalah pernapasan, sakit perut, bersin, bahkan syok dalam kasus ekstrim.

Jadi, sangat jelas bahwa meskipun mangga sarat dengan manfaat yang luar biasa, seseorang harus berhati-hati ketika hendak mengonsumsinya. Seseorang tidak boleh mengonsumsi dalam jumlah berlebihan, mentah dan sebaiknya tidak dijus.(*)

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.