Atasi Ketersediaan Air Minum Dermawan Realisasikan  Seratusan Pamsimas

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Sebanyak 99 unit Program Penyediaan Air Minum Dan Santitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) telah dibangun di  Kabupaten Pesawaran  pada era kepemimpinan Bupati Dendi Ramadhona bersama Wakil Bupati Eriawan.

Dan itu bertambah dengan selesainya pembangunan Pamsimas pada tahun ini. Pada periodesasi 2017 hingga 2019 beberapa desa di 11 kecamatan telah menikmati layanan air bersih tersebut.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pesawaran Firman Rusli, Senin 27 Juli 2020.

“Program Pamsimas yang dibangun bersumber dari APBD dan APBN,” kata dia melalui Sekretaris Dinas, Erdi Sidharta.

Menurut pria yang akrab dipanggil Dai itu, pada  tahun ini, Pamsimas yang digelontorkan total sebanyak 27 unit. Dengan rincian 5 desa yang bersumber APBD, APBN 14 Desa dan 8 Desa HID.

Sejumlah tahapan pelaksanaan Pamsimas TA 2020 yang sudah terealisasi diantaranya penyusunan PJM Pro -Aksi dan RKM 32 Desa Tahun 2020; Untuk Pendanaaan 5 Desa APBD sudah masuk dalam DPA Pamsimas 2020 Kabupaten Pesawaran kemudian melakukan sharing Dana APBDes telah telah di alokasikan dalam RKP masing -masing Desa Dampingan Pamsimas 2020 dan telah dilakukan pembukaan Rekenmg KKM oleh masing-masing Desa Pamsimas.

“Termasuk  untuk berkas PKS 27 Desa Pamsimas 2020 juga telah selesai disiapkan,” kata dia.

Dijelaskan, Pamsimas merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka menciptakan masyarakat hidup bersih dan sehat melalui penyedian layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat. Di mana pendekatan Berbasis Masyarakat menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dan penentu dalam seluruh tahapan mulai dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan sampai dengan tahap pengoperasian dan pemelihaaraan.

“Kegiatan Pamsimas mencakup kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pengembangan kelembagaan lokal, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, penyediaan sarana air minum dan sanitasi umum.”

BACA JUGA  Situs Sekretariat DPRD Provinsi Lampung Diretas

“Serta pengembangan kapasitas pelaku Pamsimas melalui pelatihan dan bimbingan teknis,” kata dia. (**)

Program Pamsimas Kabupaten Pesawaran

No     Tahun   APBD      APBN.   JUMLAH
1.     2017.          3.          12.            15
2.     2018.        13.          29.            42
3.     2019.        10.          32.            42

Sumber: Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pesawaran

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.