Apa Itu Saham? Simak Kelebihan dan Cara Belinya

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Investasi Saham – Di tengah maraknya investasi saham, rupanya tak sedikit orang di Indonesia yang belum mengerti apa itu saham dan kelebihannya.

Belakangan ini, investasi saham menarik perhatian banyak orang. Bagaimana tidak, investasi saham menawarkan banyak keuntungan, pun harganya lebih terjangkau.

Bahkan, investasi saham tidak memerlukan modal besar. Cukup dengan modal 100 ribu, kamu bisa investasi saham. Dengan catatan, kamu harus bisa menguasai teknik investasi saham agar terhindar dari kerugian.

Buat kamu yang mulai tertarik untuk investasi saham, dilansir dari suara.com berikut ini akan dipaparkan apa itu saham dan kelebihannya, serta cara membelinya. Simak ya!

Pengertian Saham

Ilustrasi Saham

Saham merupakan salah satu investasi yang menguntungkan. Saham merupakan tanda penyertaan modal suatu badan usaha atau seseorang dalam perusahaan atau perseroan terbatas.

Diketahui, pemilik saham memiliki hak untuk memperoleh dividen yang sesuai dengan nilai saham yang dimilikinya. Sebagai pemilik saham, maka suatu badan maupun individu dapat mengklaim kepemilikan suatu perusahaan terbuka.

Itu artinya, berapa pun nilai saham yang dimiliki, pemilik saham berhak untuk hadir di dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Adapun jenis saham terbagi menjadi 9 sektor yaitu sebagai berikut:

  • Pertanian
  • Pertambangan
  • Industri dasar dan kimia
  • Industri mesin
  • Industri barang konsumsi
  • Properti dan konstruksi bangunan
  • Infrastruktur dan transportasi
  • Keuangan
  • Perdagangan jasa dan investasi.

Lalu, Apa Kelebihan Saham?

Ilustrasi Saham

Saham sebagai opsi untuk berinvestasi atau menempatkan dana memiliki sejumlah kelebihan. Adapun kelebihannya yaitu seperti berikut ini.

1. Modal Investasi Kecil

Kamu tetap bisa berinvestasi saham meski hanya dengan modal kecil. Bahkan, dengan hanya modal Rp100 ribu, kamu sudah bisa beli beberapa slot saham.

BACA JUGA  Harga Emas Naik Sambut Awal Pekan, Berikut Rinciannya

2. Transaksi Saham Relatif Mudah

Dalam proses transaksi, investasi saham cenderung mudah dan praktis. Bahkan, untuk proses investasi saham, kamu tak perlu membawa sertifikat atau dokumen lainnya saat proses jual-beli.

3. Bisa Dilakukan di mana Saja dan Kapan Saja

Investasi saham juga cenderung fleksibel, yang mana bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bagi kamu yang super sibuk, investasi saham ini bisa menjadi opsi tepat untuk memanfaatkan dana dingin.

4. Bersifat Transparan

Saham bersifat sifat transparan. Itulah mengapa, kamu selalu investor dapat dengan mudah melihat harga permintaan, penawaran dan jumlah slot yang ditawarkan maupun diminta oleh masing-masing pihak perusahaan.

Investasi saham menawarkan banyak kelebihan. Lalu, bagaimana cara membeli saham? Berikut ini penjelasannya.

Cara Beli Saham

Salah satu cara untuk menjadi pemegang saham di suatu perusahaan yakni harus membeli terlebih dahulu di pasar modal. Lalu, registrasi rekening, cek deposit awal, siapkan dana sebagai deposit awal, dan pelajari juga tutorial jual-beli saham.

Nah, itulah informasi mengenai apa itu saham dan kelebihannya serta cara membelinya. Semoga informasi ini bermanfaat!(*)

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.