7 Komponen yang Dibutuhkan untuk Membuat Website Portal Berita

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Teknologi – Dalam era digital yang begitu berkembang, media online mulai menjadi lahan yang menjanjikan. Banyak orang tertarik untuk membuat situs portal berita karena potensi mendatangkan pengunjung yang besar. Yang menarik, kamu tidak perlu menjadi seorang ahli SEO untuk mendapatkan pengunjung, cukup dengan berbagi berita melalui media sosial, dan mereka akan datang dengan sendirinya.

Membangun situs berita sebenarnya cukup mudah, mirip dengan cara membuat blog atau toko online. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memulainya. Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat website portal berita?

1. Nama Domain

Sumber : blog.ironbastion.com.au

Saat membangun situs portal berita, kamu harus memilih dan menggunakan nama domain yang mudah diingat. Pastikan juga domain tersebut berbeda dari situs portal berita lainnya. Kamu bahkan dapat menambahkan nama kota kamu ke dalam domain, yang artinya situs portal berita kamu akan fokus pada berita dari kota tersebut. Hal ini akan membuat audiensmu lebih spesifik, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan pengunjung ke situsmu.

Penting untuk diingat, jangan menggunakan nama domain yang mirip dengan portal berita atau merek yang sudah besar. Hal ini dapat menimbulkan masalah di masa depan. Sebaiknya gunakan nama domain atau situs berita yang benar-benar segar, unik, dan mudah diingat.

2. Server Khusus untuk Website Berita

Sumber : stratospherenetworks.com

Karena situs portal berita sangat tergantung pada pengunjung, pemilihan server atau hosting menjadi kunci kesuksesan. Server situs web akan menjadi fondasi situs portal berita tersebut. Sebuah situs portal berita sebaiknya menggunakan VPS karena membutuhkan sumber daya yang besar untuk melayani banyak pengunjung secara bersamaan. Ini mirip dengan membangun toko online yang memerlukan server dengan sumber daya yang tinggi agar tidak mengalami penurunan kinerja saat lalu lintas pengunjung meningkat.

BACA JUGA  Lima Tahapan dalam Design Thinking

Tentu saja, kamu tidak ingin situs portal berita yang kamu kelola lambat diakses atau sering mengalami gangguan karena lonjakan lalu lintas. Jika itu terjadi, peluang untuk mendapatkan banyak pengunjung dan kesuksesan media onlinemu akan sulit tercapai. Oleh karena itu, situs berita disarankan untuk menggunakan Hosting Khusus.

3. Engine Website

Ilustrasi

Engine dalam konteks ini merujuk pada dasar bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat situs portal berita. Di Indonesia, ada dua jenis engine yang sering digunakan untuk situs portal berita:

a. CMS WordPress: Hampir semua situs portal berita di Indonesia menggunakan CMS WordPress sebagai engine mereka. CMS ini mudah digunakan, merupakan CMS terbaik, dan mudah dioptimasi, sehingga banyak orang memilihnya. Ada banyak tema dan plugin yang didukung dan dirancang khusus untuk portal berita.

b. PHP Framework: Engine ini sering digunakan oleh situs portal berita yang sudah besar, seperti Detik atau Kompas. PHP framework memiliki keunggulan dalam hal kecepatan akses dan keamanan, karena dirancang khusus dan berbeda dengan CMS yang bersifat open source dan strukturnya sudah banyak diketahui.

Pilihan antara kedua engine ini tergantung pada anggaran dan kebutuhanmu. Jika anggaranmu terbatas, CMS WordPress adalah pilihan yang direkomendasikan. Namun, jika kamu memiliki anggaran yang cukup besar, kamu bisa mempertimbangkan penggunaan PHP Framework.

4. Teknik Penulisan Artikel

Ilustrasi Freelance Web Designer | Unsplash

Teknik penulisan artikel di situs portal berita sedikit berbeda dari menulis artikel di blog biasa. Kamu harus memperhatikan teknik penulisan sebelum membuat situs portal berita. Situs portal berita harus menghasilkan konten yang benar-benar nyata, artinya berita yang disajikan benar-benar terjadi, bukan hasil karangan atau kutipan dari sumber yang tidak jelas.

BACA JUGA  Deadline Ketat dan Resiko Tinggi: Apa yang Membuat Profesi Programmer Menarik Bagi Anak Jaman Now?

Bahasa yang digunakan dalam penulisan berita harus jelas, padat, dan baku. Hindari menggunakan bahasa yang sulit dimengerti atau bahasa gaul, kecuali jika kontenmu memang ditujukan untuk anak muda yang menggunakan bahasa gaul.

5. Pemahaman Mengenai Pedoman dan Kebijakan Media Siber

Sebelum membangun situs portal berita, penting untuk memahami pedoman dan kebijakan media siber. Ketika membuat situs portal berita, kamu harus memahami apa yang diperbolehkan dan apa yang dilarang dalam dunia media online dan situs portal berita.

Kamu bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai pedoman dan kebijakan media siber melalui situs resmi Dewan Pers atau sumber-sumber terpercaya. Memahami dan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh Dewan Pers adalah langkah penting dalam menjalankan situs portal berita dengan baik.

6. Keamanan Website

Ilustrasi Profesi Web Designer | Freepik

Keamanan situs web perlu diperhatikan saat merancang dan membuat situs portal berita. Kamu tentu tidak ingin situsmu diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, yang dapat menyebabkan situsmu tidak dapat diakses atau data hilang.

Untuk meningkatkan keamanan situs, selalu perbarui plugin dan tema website ke versi terbaru. Selain itu, pastikan CMS WordPress juga diperbarui ke versi terbaru untuk meningkatkan keamanan. Selain aspek situs web, keamanan server juga perlu diperhatikan. Meskipun sebagian besar tanggung jawab server ada pada penyedia hosting, kamu juga perlu memilih penyedia hosting yang memiliki reputasi baik dalam hal keamanan.

7. Pemahaman tentang Copyright dan Lisensi

Sumber : infoworld.com

Saat membuat situs portal berita, penting untuk memahami hak cipta dan lisensi gambar. Kebanyakan situs berita dibuat dengan tujuan komersial, yaitu untuk menghasilkan uang dari berita yang dihasilkan. Oleh karena itu, penting untuk memahami bahwa tidak semua gambar dapat digunakan secara bebas. Beberapa gambar memiliki hak cipta dan lisensi tertentu.

BACA JUGA  Cara Sederhana Pahami Istilah Analisis Fundamental Saham Untuk Pemula

Beberapa gambar mungkin gratis, namun hanya untuk penggunaan pribadi atau non-komersial. Ada juga gambar yang memiliki lisensi gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial. Namun, beberapa situs mungkin mengharuskan atribusi sebagai syarat penggunaan gambar, baik untuk penggunaan pribadi maupun komersial.

Membangun situs portal berita bukan hanya tentang teknis, tetapi juga tentang memahami etika dan aturan yang berlaku dalam dunia media online. Dengan mengikuti panduan ini, kamu akan memiliki landasan yang kuat untuk memulai perjalanan dalam dunia situs portal berita.

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.