7 Cara Membangun Branding Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnismu

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Digital Branding – Bagaimana sih cara branding yang tepat? Banyak sekali yang memengaruhi pertumbuhan sebuah bisnis, salah satunya adalah brand.

Brand sangat mempengaruhi perkembangan sebuah bisnis, terutama di era digital. Bisnis yang tidak mengalami peningkatan selama bertahun-tahun bisa jadi karena tidak melakukan branding. Dan tentu saja bisnis tersebut masuk dalam zona bahaya.

Apakah membangun branding saja cukup? Jawabannya adalah tidak, karena Anda harus membangun branding secara efektif. Dan desain memiliki andil yang cukup besar dalam membangun branding produk Anda. Sebagai pebisnis, Anda pasti paham bahwa desain sangat menentukan kampanye marketing Anda selama branding. Desain dan branding yang efektif akan membantu Anda mengembangkan bisnis semakin besar.

Bagaimana cara branding yang efektif? Ini dia jawabannya seperti dilansir dari blog.sribu.com:

1. Menggunakan Social Media

Social media merupakan cara branding terampuh untuk bisnis Anda. Social media juga mampu menjalin interaksi secara langsung dengan konsumen. Bahkan di era digital, melakukan branding dengan sosial media sangat menghemat anggaran promosi.

Menggunakan social media sebagai alat untuk mengomunikasikan brand Anda tidak terlepas dari unsur visualiasi. Sebagian besar pengguna social media sangat memerhatikan visualisasi. Brand yang menampilkan desain profesional lebih mudah meraih kepercayaan dari konsumen.

Jangan memilih desain yang membuat brand Anda terkesan murahan. Hal ini akan menurunkan citra brand Anda dan membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya. Sebuah desain untuk kampanye branding harus mencerminkan citra perusahaan sehingga posisi brand Anda terkenal di pasaran.

2. Menggunakan Press Release

Cara branding berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan press release. Pastikan konten press release Anda berkualitas sehingga bisa masuk di halaman berita Google. Jangan hanya menggunakan satu jenis berita dalam press release karena tidak akan bisa dijadikan report. Pembaca lebih tertarik jika Anda memiliki beberapa berita sekaligus. Dengan langkah tersebut banyak orang yang akan menyebar artikel Anda dan membantu memberikan traffic pada website Anda serta pengikut pada social media.

BACA JUGA  Dengerin Musik Bikin Mood Jadi Asik #KenapaNggak

3. Membangun Otoritas

Dalam membangun otoritas untuk mengembangkan brand. Anda bisa menggunakan web atau blog. Dengan cara menjadi seorang ahli dalam niche tertentu. Perbanyak tulisan pada postingan mengenai brand yang Anda bangun secara konsisten. Hal ini untuk menunjukan kepada pembaca bahwa Anda memiliki kompetensi dalam hal tersebut. Seiring dengan banyaknya tulisan akan memberikan manfaat kepada pembaca berupa informasi yang mereka cari sekaligus membantu mengembangkan brand yang Anda bangun. Membangun otoritas yang baik adalah dengan selaku melakukan research dan update dalam industri Anda. Berikan informasi yang relevan kepada orang-orang yang mengikuti Anda.

4. Membagikan Barang secara Gratis

Salah satu cara branding yang lain adalah membagikan sesuatu secara gratis. Beberapa ide untuk item gratis mungkin seperti versi trial dari produk Anda, layanan satu kali, e-book gratis / report, dsb. Hal tersebut dapat membantu membangun brand Anda. Anda juga bisa mengatakan kepada pengikut Anda bahwa mereka dapat memiliki e-book gratis selama mereka mengirimkan sebuah postingan lewat Facebook yang mengiklankan bisnis Anda. Selipkan nama brand Anda pada saat mendistribusikan barang fisik, agar mereka selalu ingat brand Anda setiap kali mereka menggunakannya.

5. Membagi Audience berdasarkan Spesifik

Ilustrasi. Foto : Freepik.com

Bagi audience Anda secara spesifik dalam niche tertentu untuk mendapatkan jenis traffic yang sesuai. Jika Anda memiliki beberapa niche, maka akan menjadi lebih baik lagi bagi situs web Anda, karena dapat menarik massa lebih banyak lagi. Goal utama di sini adalah untuk memisahkan mana audience yang memiliki kebutuhan yang cocok dengan bisnis Anda dengan yang tidak.

Audience yang luas tidak akan secara ajaib berubah menjadi traffic yang ditargetkan. Oleh karena itu, Anda tidak dapat mengarahkan traffic yang ditargetkan ke website atau blog Anda jika Anda menulis sebuah postingan untuk audience yang luas.

BACA JUGA  Membangun Karir Freelance Desain Web yang Sukses: Tips dan Trik untuk Pemula

Contohnya seperti ini, Anda tidak akan memberikan link website atau blog Anda mengenai kegiatan penghijauan kepada orang-orang yang suka dengan belanja online, karena Anda tahu bahwa mereka adalah audience yang berbeda.

6. Membangun Reputasi Pada Forum yang Relevan

Membangun reputasi pada forum yang relevan dan berhubungan dengan niche Anda. Dimana dalam Forum tersebut dapat membantu Anda untuk berhubungan dengan audiens yang ditargetkan dalam niche Anda. Setelah itu, masukkan link website atau blog Anda di area signature Anda. cara ini bisa efektif meningkatkan traffic Anda.

Ada tips untuk Anda, sebaiknya Anda bergabung 2 forum teratas dalam niche Anda dan kemudian posting sekitar 5-10 kali per hari pada setiap forum. Ini hanya akan memakan waktu sekitar 5 menit. Kemudian, jika forum mendapat banyak traffic, maka banyak orang akan melihat link yang Anda tinggalkan dalam signature Anda. Secara tidak langsung, hal ini merupakan metode terbaik dalam pengiklanan. Bagaimana tidak? It’s Free!!

7. Penggunaan (Pay Per Click)/PPC Advertising

Ilustrasi

Metode ini membutuhkan budget yang besar untuk mengarahkan traffic yang ditargetkan ke website Anda. Dengan tujuan memberikan hasil yang terbaik untuk brans Anda. Jadi, jika Anda sudah memiliki budget PPC untuk mengkampanyekan website atau blog sebaiknya cara ini Anda lakukan. Satu hal yang perlu Anda ketahui, bahwa langkah ini membutuhkan banyak research. Agar Anda tidak menghabiskan jutaan rupiah sebelum memahami dan menggunakan layanan seperti Google Ads. Anda perlu mengiklankan opt-in page sehingga dapat secara efektif mengambil customer. Anda harus memastikan budget yang Anda keluarkan bernilai setimpal. Jika tidak, maka terus sempurnakan penawaran Anda dan temukan cara untuk mengurangi biaya.

BACA JUGA  Lebih Baik Mana, Content Placement di Blogger atau Media Online? Mari Kita Bahas!
Share.

About Author

I am a Full-Stack Designer who loves to translate designs files into Website and Application, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.