5 Cara Menerapkan Digital Mindset Untuk Transformasi Digital Bagi Bisnismu

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Entrepreneurship – Transformasi digital saat ini menjadi istilah yang semakin sering digunakan, tidak hanya dalam ekosistem bisnis teknologi, tetapi juga dalam hampir semua bidang industri dan perusahaan yang masih menjalankan bisnis secara konvensional. Untuk mewujudkan sistem bagi transformasi digital yang ideal, pola pikir digital (digital mindset) harus tertanam oleh para pelaksana bisnis dan pemangku kepentingan (stakeholder).

Memang bukan perkara mudah untuk mewujudkan digital mindset pada setiap pelaksana bisnis. Ada sejumlah langkah yang harus dilakukan secara bertahap untuk bisa menciptakan bisnis berkembang dengan baik melalui pemanfaatan teknologi digital.

Dilansir dari sisi.id berikut ada beberapa cara yang dapat dijadikan panduan dalam membangun digital mindset agar transformasi digital pada bisnismu dapat terlaksana dengan baik.

1. Ciptakan Strategi Digital

Image : Unsplash.com

Pola pikir digital bukan hanya sekedar kemampuan menggunakan teknologi. Digital mindset merupakan sikap dan perilaku yang memungkinkan orang dalam sebuah perusahaan melakukan dan mempercayai bahwa transformasi digital dapat membantu efisiensi bisnis.

Untuk itu pemimpin atau pelaku bisnis harus memiliki pola pikir mengenai teknologi dan perkembangannya yang mungkin akan terus berubah seiring dengan perkembangan zaman.

Jika dalam sebuah perusahaan belum memiliki solusi digital, penting bagi perusahaan mendobrak penghalang tersebut yang mencegah organisasinya maju dengan menciptakan strategi digital. Ini adalah langkah penting yang harus diambil untuk mengembangkan cara berpikir digital.

2. Perhitungkan Sumber Daya

Membangun pola pikir digital bukan hanya melihat dari kasat mata apa yang tampak, tetapi lebih dari itu perusahaan juga membutuhkan penilaian yang jujur atas aset digital dan sumber daya yang dimiliki. Perusahaan perlu memperhitungkan seluruh sumber daya secara objektif, menilai kekuatan dan kelemahan aset, kapabilitas internal, proses, teknologi, hingga manajemen.

BACA JUGA  Jurus 5-T Belajar Bahasa Inggris

Sebuah perusahaan lazimnya harus menganalisa terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dalam perusahaannya. Dengan hal tersebut perusahaan dapat memperhitungkan aset dan sumber dayanya yang dapat mendukung peralihan ke digital. Selain faktor internal, dalam melakukan peralihan digital, perusahaan juga harus melihat basis konsumen dan pasar yang dilayani dan nilai apa yang mereka butuhkan dan inginkan.

3. Terapkan Strategi Digital yang Sesuai dengan Bisnis

Ilustrasi. Foto : Freepik.com

Saat ini hampir semua konsumen menginginkan pelayanan yang terintegrasi dan tidak terbatas pada jarak dan waktu. Menjalankan teknologi digital dengan strategi yang baik dapat memperkuat hubungan pada pelanggan. Menjalankan strategi digital yang sesuai dengan bisnis juga dapat membuat bisnis berkembang dengan memberikan kesan yang berbeda dibandingkan kompetitor.

Menjalankan strategi digital bisa dimulai dengan menyamakan persepsi antara pimpinan dan karyawan yang ada di perusahaan tersebut. Jelaskan kepada karyawan mengenai alasan perusahaan menggunakan teknologi digital. Kemudian strategi digital dapat dilanjutkan dengan produk dan layanan yang diberikan terhadap konsumen.

4. Manfaatkan Teknologi Digital dalam Setiap Proses

Jika bisnismu sedang melakukan transformasi digital, tetaplah selalu melakukan pengembangan dengan melibatkan pemanfaatan teknologi digital dalam setiap prosesnya. Pemanfaatan teknologi digital pada proses bisnis ini bisa melalui seluruh proses mulai dari pengembangan, promosi, pemasaran, distribusi, hingga penghitungan revenue dan evaluasi. Hal ini bertujuan agar sikap digital mindset bukan hanya tertanam dalam pikiran tapi juga dalam pelaksanaan kesehariannya.

5. Siapkan Ruang untuk Terus Berkembang

Ilustrasi

Tampaknya pepatah there’s always room for improvement dari Joey Logano ini memang sangat tepat untuk perkembangan teknologi digital saat ini. Jangan menyerah ketika proses digitalisasi ini tidak berjalan sesuai keinginan. Kamu selalu memiliki kesempatan untuk terus mengevaluasi dan mengembangkan setiap segi bisnis yang membutuhkan perhatian, perbaikan, atau pembaruan.

BACA JUGA  Suka Bidang Kreatif, Ini Potensi Profesinya

Evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan menjadi kunci penting dalam kemajuan bisnismu. Perlu diingat bahwa transformasi digital ini adalah sesuatu yang bersifat fleksibel dan diprediksi akan terus berubah seiring perkembangan zaman. Oleh karena itu, Kamu sebagai pelaku usaha juga harus menyiapkan ruang untuk mengikuti setiap perkembangannya. Dengan begitu, bisnis yang dijalankan dapat bertahan dan berkembang terus-menerus melalui pemanfaatan teknologi yang terus diperbarui.

Terkadang perjalanan transformasi digital mungkin terlihat panjang dan berliku, tetapi perusahaan yang berhasil menanamkan pola pikir digital yang baik selalu akan unggul dari kompetitor. Bagaimana dengan perusahaanmu, apakah sudah memiliki digital mindset? Untuk berbagai kebutuhan solusi digital bagi pengembangan bisnismu, selalu percayakan kepada kami partner transformasi digital kamu. Hubungi kami di sini.

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.