10 Hukum Steve Krug Tentang Kebergunaan Web

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com – Orang-orang tidak akan masuk ke situs Web Anda jika mereka tersesat di dalamnya.

Steve Krug, seorang pakar kebergunaan Web, menyaring pengalaman dan pengamatannya selama bertahun-tahun menjadi sejumlah saran yang logis, lugas, dan praktis.

Krug mengubah total cara Anda memandang desain Web serta membekali Anda dengan keterampilan baru yang lebih efektif.

Berikut ini adalah 10 hukum Steve Krug tentang kebergunaan web seperti dikutip dari bukunya yang berjudul Don’t Make Me Think!, dan kami sampaikan berikut penjelasannya.

1. Jangan buat saya berpikir.

Inilah hukum pertama Krug tentang kebergunaan, dimana ini adalah prinsip utama, penentu terbaik saat memutuskan apakah sesuatu berhasil atau tidak dalam desain web.

Krug menjelaskan bahwa ketika Kita melihat halaman yang tidak memaksa Kita berpikir, maka yang terlintas di kepala adalah semuanya jelas.

Namun, ketika Kita menatap halaman yang memaksa kita berpikir, semua yang muncul di kepala Kita dipenuhi tanda tanya.

Segala macam hal pada sebuah halaman Web dapat membuat Kita terdiam dan berpikir tanpa perlu. Misalnya, nama-nama barang, nama-nama yang lucu atau cerdas, nama-nama kreasi pemasaran, nama-nama perusahaan tertentu, dan nama-nama teknis yang tidak akrab.

Sumber tanda tanya lain menurut Krug yang tak perlu ada di kepala orang adalah tautan atau tombol yang belum jelas apakah bisa diklik atau tidak. Sebagai pengguna, seharusnya Kita tidak mencurahkan beberapa milidetik untuk berpikir untuk bisa mengklik sesuatu atau tidak.

Intinya, saat kita sedang menggunakan Web, setiap tanda tanya menambah beban kerja kognitif kita, mengalihkan perhatian kita dari tugas di depan mata. Pengalihan itu boleh jadi sedikit tapi akan menumpuk, dan kadang kala tidak butuh banyak untuk membuat kita lengah.

Menurut Krug, ada banyak hal yang seharusnya tidak menyita waktu pengunjung suatu situs untuk berpikir, seperti :

  • Ada dimana saya ?
  • Dari mana sebaiknya saya memulai ?
  • Dimana mereka meletakkan … ?
  • Apa saja yang paling penting di halaman ini ?
  • Kenapa mereka menyebutnya itu ?

Ditulis oleh Krug dalam bukunya bahwa membuat halaman web yang gamblang itu seperti memasang penerangan yang baik di toko, upaya itu akan membuat segala sesuatunya kelihatan lebih bagus. Menggunakan situs yang tidak memaksa kita berpikir tentang hal-hal remeh terasa tanpa beban, sedangkan kebingungan memikirkan hal-hal yang tidak penting bagi kita cenderung menguras tenaga dan semangat serta waktu.

2. Bagaimana sesungguhnya kita menggunakan web

Krug menghabiskan banyak waktu memperhatikan banyak orang menggunakan Web. Dan hal paling mengena di benaknya adalah perbedaan antara bagaimana kita mengira orang menggunakan situs Web dan bagaimana sebetulnya mereka menggunakannya.

Saat membuat situs, kita berlaku seolah-olah orang akan melihat setiap halaman, membaca teks yang kita rangkai dengan baik, mencari tahu bagaimana kita mengatur banyak hal, dan menimbang pilihan mereka sebelum memutuskan link mana untuk diklik.

Tapi Krug menjelaskan bahwa sebetulnya lebih sering mereka lakukan adalah melihat sekilas setiap halaman baru, membaca cepat (scanning) sebagian teks, dan mengklik tautan pertama yang menarik minat mereka atau ada kemiripan dengan apa yang mereka cari. Biasanya, ada banyak bagian dari halaman yang tidak mereka tengok sama sekali.

BACA JUGA  Perjalanan Menuju Kewirausahaan: Fase Penting Seorang Web Designer

Kita memikirkan “mahakarya sastra”, sedangkan realitas pengguna jauh mendekati “melewati papan reklame pada kecepatan 90 kilometer per jam”.

Jika ingin mendesain halaman web yang efektif, Anda harus belajar menerima tiga fakta tentang penggunaan Web di dunia nyata.

Dan berikut adalah fakta kehidupan di dunia nyata yang disampaikan oleh Steve Krug

1. Kita tidak membaca halaman, kita membaca cepat
2. Kita tidak mengambil pilihan optimal, kita memuaskan + mencukupi.
3. Kita tidak mencari tahu bagaimana segala sesuatu bekerja, kita mencoba-coba sampai berhasil

3. Pengantar desain papan reklame

Dihadapkan pada fakta bahwa pengguna bergerak dengan sangat cepat, Steve Krug memberikan 5 penjelasan tentang 5 hal penting yang bisa Kita lakukan untuk memastikan mereka melihat dan memahami situs Anda sebanyak mungkin. Berikut ini adalah penjelasannya :

Buat hierarki visual yang tegas

Salah satu cara terbaik untuk membuat halaman yang mudah dipahami secara cepat adalah dengan memastikan bahwa tampilan pada halaman secara visual menggambarkan secara tegas dan akurat hubungan antara segala hal pada halaman tersebut. Dengan kata lain, setiap halaman seharusnya memiliki visual yang tegas.

Halaman dengan hierarki visual yang tegas mempunyai tiga ciri :

  • Sesuatu yang lebih penting akan tampil lebih mencolok.
  • Hal-hal yang bertalian secara logis juga bertalian secara visual.
  • Segala sesuatunya “dikumpulkan” secara visual untuk menunjukkan apa bagian dari apa.

Konvensi adalah sahabat Anda

Tanpa diajari sebenarnya kita dapat mengetahui beragam konvensi dari layout dan format halaman yang dapat mempercepat dan mempermudah upaya kita dalam membaca cepat surat kabar serta menemukan tulisan yang kita minati. Saat kita melancong ke kota lain, kita belajar bahwa semua surat kabar menggunakan konvensi yang sama (dengan sedikit variasi). Dengan demikian, mengetahui konvensi memudahkan kita untuk membaca surat kabar manapun.

Semua konvensi bermula dari ide cemerlang seseorang. Jika ide tersebut berhasil cukup baik, situs lain menirunya dan pada akhirnya cukup banyak orang melihatnya di cukup banyak tempat sehingga tidak perlu penjelasan lagi.

Konvensi yang diterapkan dengan baik akan mempermudah pengguna untuk berpindah dari situ ke situs tanpa mengerahkan banyak upaya untuk mencari tahu cara kerja segala sesuatu.

Dengan konvensi, pengguna dapat mencari tahu banyak hal tentang halaman Web, sekalipun mereka tidak bisa memahami sepatah katapun.

Bagi halaman ke dalam bidang-bidang yang terdefinisikan dengan tegas

Membagi halaman ke dalam bidang-bidang yang terdefinisikan dengan tegas adalah penting karena pengguna dapat memutuskan dengan cepat akan berfokus pada bidang mana dari halaman dan bidang mana yang bisa mereka abaikan.

Perjelas apa saja yang bisa diklik.

Karena sebagian besar dari apa yang dilakukan orang di Web adalah mencari hal berikutnya untuk diklik, penting untuk memperjelas apa saja yang bisa diklik dan tidak bisa diklik.

Semua adalah gangguan visual kecuali Anda bisa membuktikan sebaliknya.

BACA JUGA  Tips Handover Hasil Kerjaan Desain UI Kamu ke Developer

Ada dua macam gangguan visual menurut Steve Krug, yaitu :

  • Suasana sibuk.
  • Gangguan latar belakang.

4. Hewan, Sayuran, atau mineral

Kenapa pengguna menyukai pilihan tanpa pertimbangan

Secara umum Steve Krug menjelaskan bahwa ada benarnya menyatakan bahwa pengguna tidak keberatan bila harus sering mengklik asalkan setiap klik dilakukan dengan mudah dan mereka senantiasa yakin bahwa mereka berada di jalur yang benar.

5. Buang Kata-kata yang tidak perlu

Krug menjelaskan fakta bahwa sebagian besar kata yang dia temui hanya menyita ruang, karena tak seorangpun akan membacanya. Beberapa nasehat Steve Krug adalah dengan menjadikan halaman yang lebih ringkas, sehingga pengguna dapat melihat sekilas setiap halaman tanpa perlu scrolling diantaranya :

Jangan ada obrolan santai

banyak obrolan santai berupa tulisan promosi yang memuji diri sendiri yang Kita jumpa dalam brosur yang ditulis dengan asal-asalan. Obrolan santai tidak mengandung informasi yang berguna, dan hanya berpusat pada kehebatan diri sendiri, bukannya menggambarkan apa yang membuatnya hebat.

Jangan ada instruksi

Menuru Krug, hal pokok yang perlu Kita ketahui tentang instruksi adalah tak seorangpun akan membacanya. Semestinya tujuan Kita adalah selalu meniadakan instruksi utuhnya dengan membuat segala sesuatu ekplisit, atau mendekati eksplisit. Jika instruksi tetap diperlukan, batasi seminimal mungkin.

6. Papan penunjuk jalan dan remah roti

Mendesain navigasi.

Faktanya adalah : Orang tidak akan menggunakan situs Web Anda jika mereka tersesat di sana.

Ya, Krug disini menggambarkan bahwa jika Kita sebagai pengguna web, ketika memasuki sebuah situs dan tidak bisa menemukan apa yang kita inginkan atau berusaha mencari tahu pengaturan situs tersebut, Kita mungkin tidak akan berlama-lama di sana atau mengunjunginya kembali.

Dan ini mungkin sering terjadi pada pengalaman banyak orang bahwa navigasi yang sulit amat membingungkan mereka ketika menjelajahi situs website.

Sebagai web designer, Kita harus mampu mendesain pengantar navigasi yang baik pada pengunjung dengan membuatkan menu dan submenu yang mudah, fitur pencarian yang gamblang dan breadcrumb sebagai indikator yang menunjukkan posisi pengunjung saat ini.

7. Langkah pertama dalam pemulihan adalah mengakui bahwa halaman Home di luar kendali Anda
Mendesain halaman Home

Berikut adalah penjelasan Steve Krug untuk segala hal yang dibutuhkan pada halaman Home

  • Identitas dan Misi situs. Halaman Home harus langsung memberitahu pengunjung tentang isi dan maksud situs.
  • Hierarki Situs. Halaman Home harus memberikan ikhtisar dari apa yang ditawarkan situs.
  • Pencarian. Mayoritas situs mempunyai tampilan kotak pencarian yang mencolok pada halaman Home.
  • Teaser (cuplikan). Seperti sampul majalah, halaman Home harus memikat dengan isyarat-isyarat akan barang bagus di dalamnya.
  • Konten terkini. Jika keberhasilan situs bergantung pada tingginya frekuensi kunjungan, maka halaman
  • Home mungkin perlu diisi sejumlah konten yang rutin diperbarui.
  • Transaksi. Ruang halaman Home perlu dialokasikan untuk transaksi iklan, promosi silang, dan kemitraan merek apapun yang telah disepakati.
  • Shortcut. Penggalan konten yang paling sering diminta (update software, misalnya) layak diberi tautan tersendiri pada halaman Home agar pengunjung tidak harus melacaknya.
  • Registrasi. Jika situs menggunakan registrasi, halaman Home membutuhkan tautan bagi pengguna baru untuk mendaftar dan bagi pengguna lama untuk masuk, serta cara untuk memberi tahu pengunjung bahwa mereka sudah masuk.
BACA JUGA  Dari Jual Barang ke Jual Jasa: Seberapa Besar Keuntungan Netflix?

8. Petani dan gembala seharusnya berteman

Mengapa kebanyakan perdebatan tim desain web hanya membuang-buang waktu dan bagaimana menghindarinya

Seringkali Steve Krug menjumpai bahwa tim pengembang web biasanya tidak berhasil mengambil keputusan tentang pertanyaan seputar kebergunaan. Kebanyakan tim pada akhirnya menghabiskan banyak waktu berharga untuk membicarakan kembali persoalan yang sama berulang kali.

Krug mencontohkan seperti desainer dan pengembang. Desainer cenderung berpikir bahwa kebanyakan orang menyukai situs yang menarik secara visual karena mereka menyukai situs-situs yang menarik secara visual. Faktanya, mereka mungkin menjadi desainer karena mereka menikmati desain yang bagus, mereka menganggap desain yang bagus membuat banyak hal menjadi lebih menarik dan mudah dipahami.

Di sisi lain, pengembang cenderung berpikir bahwa orang-orang menyukai situs dengan banyak fitur yang keren karena mereka suka dengan fitur yang keren.

Akibatnya, desainer ingin membangun situs yang tampak hebat, dan pengembang ingin membangun situs dengan fitur-fitur yang menarik, orisinal, serta elegan.

Dan menurut Krug menitikberatkan keputusan pada kebiasaan pengguna rata-rata akan menimbulkan masalah tersendiri dan berkepanjangan karena menurutnya semua pengguna Web itu unik, dan semua penggunaan Web pada dasarnya istimewa.

Hanya ada satu cara untuk menjawab pertanyaan semacam itu. pengujian.

9. Uji kebergunaan berbiaya sangat kecil

Mempertahankan kesederhanaan pengujian, sehingga Anda melakukannya dengan memadai

Berikut adalah beberapa hal yang benar tentang pengujian dari Steve Krug :

  • Jika menginginkan sebuah situs yang hebat, maka Kita harus mengujinya.
  • Menguji satu pengguna 100 persen lebih baik daripada tidak menguji seorangpun.
  • Menguji seorang pengguna di awal proyek lebih baik daripada menguji 50 pengguna menjelang akhir proyek.
  • Pentingnya merekrut pengguna yang mewakilinya adalah berlebihan.
  • Tujuan pengujian bukanlah untuk membuktikan atau menyangkal sesuatu.
  • Pengujian adalah sebuah proses yang berulang
  • Tak ada yang lebih baik dari reaksi audiens secara langsung.

Menurut Krug, Pada mulanya, uji kebergunaan merupakan proposisi yang sangat mahal. Kita harus memiliki lab kebergunaan dengan sebuah ruang pengamatan di belakang cermin satu arah, dan yang paling tidak dua kamera video agar kita bisa merekam reaksi para pengguna berikut apa yang mereka gunakan. Anda haus merekrut banyak orang agar Anda bisa memperoleh hasil yang signifikan secara statistis.

Tetapi Uji kebergunaan bisa berbiaya kecil dengan efisiensi perekrutan jumlah pengguna, upaya perekrutan bagi siapa saja yang bisamenggunakan Web, lokasi pengujian dilakukan di kantor atau ruang rapat, pelaku pengujian adalah siapa saja yang cukup sabar, dan lain-lain.

10. Kebergunaan sebagai bentuk kesantunan Anda terhadap pengguna.

Intinya pada pembahasan ini Krug mengambarkan alasan mengapa situs web kita sebaiknya menjadi Mensch.
Mensch : kata dalam bahasa orang Yahudi Eropa yang diturunkan dari bahasa Jerman, semula berarti “manusia”. Orang yang memiliki integritas dan kehormatan; “Orang yang berdiri tegak”; orang yang berbuat benar.

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.