10 Cara Alami dan Ampuh Berhenti Merokok

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com – Meski sudah diketahui dampak buruk dan bahayanya bagi tubuh, namun rokok tetap saja menjadi kebutuhan pokok sebagian orang, yang tak bisa ditinggalkan. Banyak perokok yang sebenarnya ingin berhenti merokok, namun terasa sulit karena banyak faktor penghalangnya.

Berikut beberapa cara mudah yang bisa dilakukan jika ingin berhenti merokok.

Ketahuilah Alasan Tepat Anda

Tak hanya cukup dengan menjadikan “sebab rokok buruk bagi Anda” untuk jadi alasan Anda berhenti merokok. Anda juga perlu memiliki motivasi pribadi yang kuat, seperti keinginan untuk melindungi keluarga dari asap rokok.

Cobalah Terapi Pengganti Nikotin

Pecandu rokok akan merasakan gelisah, depresi, frustasi serta marah saat tak mendapatkan asupan nikotin. Terapi pengganti nikotin akan dapat membantu untuk mengurangi perasaan tersebut.

Nyatakanlah kepada Orang Dekat 

Keputusan Anda untuk berhenti merokok sebaiknya utarakan pada teman, rekan kerja dan keluarga. Mereka dapat mendorong Anda supaya dapat membuat perbedaan.

Kelola Stres

Lebih santai adalah satu dari bermacam alasan merokok. Nikotin dianggap dapat membantu mengatasi stres. Anda dapat melakukan yoga ataupun mendengarkan musik.

Hindarilah Alkohol serta Pemicu Merokok Lain

Keinginan untuk merokok dapat ditingkatkan karena kegiatan tertentu. Alkohol adalah salah satu pemicunya. Oleh karenanya, hentikanlah mengonsumsi alkohol. Hanya saja jika pemicunya kopi, Anda dapat beralih dengan minum teh selama beberapa pekan.

Bersihkanlah rumah

Buanglah korek api dan asbak. Cucilah pakaian, gorden, karpet serta benda lain supaya terhindar dari bau asap rokok. Singkirkanlah aroma familiar dengan cara menyemprotkan penyegar udara.    

Olahraga

Aktivitas fisik dapat membantu untuk mengurangi ketagihan nikotin. Melakukan olahraga ringan, seperti jalan-jalan ataupun mencabut rumput liar di kebun, pun bahkan sangatlah membantu.

BACA JUGA  Batu Lapis Keindahan Alam dari Lampung Selatan

Makan Buah dan Sayuran

Janganlah diet ketika berhenti merokok. Fokuslah dengan makan lebih banyak buah, sayur, serta produk susu rendah lemak. Dalam Studi Universitas Duke diketahui sayur serta buah membuat rokok jadi terasa mengerikan.

Pilihlah Hadiah

Selain bermanfaat untuk kesehatan, berhenti merokok juga akan menghemat pengeluaran. Uang pembelian rokok dapat jadi hadiah yang menyenangkan bagi Anda.

Demi Kesehatan 

Berhenti merokok tak hanya untuk menghemat uang, namun juga demi kesehatan.  Dalam waktu dua minggu hingga tiga bulan, resiko serangan jantung serta paru-paru akan berkurang serta berfungsi lebih baik. (*)

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.